KPK Tahan Rusdianto Emba, Adik Bupati Muna, Terkait Suap Dana PEN

  • 27 Juni 2022 18:49:35
  • Views: 7

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan LM Rusdianto Emba, adik dari Bupati Muna La Ode Muhammad Rusman Emba. Rusdianto Emba ditahan usai diperiksa tim penyidik KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) daerah.

Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengatakan, Rusdianto akan ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur untuk 20 hari pertama. Rusdianto ditahan hinggga 16 Juli 2022.

Untuk kepentingan penyidikan, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan untuk tersangka LM RE (Rusdianto Emba) selama 20 hari ke depan terhitung mulai tanggal 27 Juni 2022 sampai dengan 16 Juli 2022 di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur, ujar Karyoto dalam konferensi pers di Gedung KPK, Senin (27/6/2022).

Kasus dugaan suap dana PEN yang menjerat Rusdianto ini merupakan pengembangan dari perkara yang menjerat mantan Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto, Bupati nonaktif Kolaka Timur Andi Merya Nur, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna Laode M Syukur Akbar.

Selain Rusdianto, KPK menetapkan Kepala Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Muna Sukarman Loke sebagai tersangka baru kasus tersebut. Namun, Sukarman lebih dulu dijebloskan ke sel tahanan pada Kamis, 23 Juni 2022.

Karyoto mengatakan, Rusdianto merupakan salah satu pengusaha di wilayah Sulawesi Tenggara yang dikenal memiliki banyak koneksi dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan beberapa pejabat baik ditingkat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

 

Sepanjang tahun 2018, KPK telah melakukan OTT terhadap 19 kepala daerah.


https://www.liputan6.com/news/read/4996763/kpk-tahan-rusdianto-emba-adik-bupati-muna-terkait-suap-dana-pen

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4996763/kpk-tahan-rusdianto-emba-adik-bupati-muna-terkait-suap-dana-pen
Tokoh







Graph

Extracted

persons Karyoto, Muhammad, Rusman Emba,
companies Dana, WhatsApp,
ministries Kemendagri, KPK,
topics Pemulihan Ekonomi Nasional,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
places DKI Jakarta, SULAWESI TENGGARA,
cities Guntur,
cases korupsi,