Respons Wakil Ketua DPR soal Legalisasi Ganja untuk Kebutuhan Medis

  • 27 Juni 2022 15:19:22
  • Views: 13

MerahPutih.com - Seorang ibu bernama Santi Warastuti memberanikan diri menyuarakan legalisasi ganja untuk kebutuhan medis saat hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (26/6).

Perempuan itu membawa poster yang bertulis 'Tolong, Anakku Butuh Ganja Medis'. Foto tersebut menjadi viral di media sosial setelah diunggal penyanyi Andien di akun Twitternya, @andienaisyah.

Baca Juga

Pandemi COVID-19 dan Legalisasi Bikin Konsumsi Ganja Naik

Merespons hal tersebut, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pihaknya bakal mengkaji wacana melegalisasi ganja untuk kebutuhan medis.

Kita akan coba buat kajiannya apakah itu kemudian dimungkinkan untuk ganja itu sebagai salah satu obat medis, kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (27/5).

Seorang ibu bernama Santi Warastuti memberanikan diri menyuarakan legalisasi ganja untuk kebutuhan medis saat hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (26/6). Foto: @andienaisyah

Dasco mengakui, ganja memang bisa digunakan untuk keperluan medis di sejumlah negara. Namun, lanjut dia, hukum yang berlaku di Indonesia belum mengizinkan ganja untuk keperluan medis.

Di indonesia undang-undangnya kan masih belum memungkinkan, imbuh politikus Gerindra itu.

Baca Juga

Anggota DPR Desak KY Periksa Putusan Bebas Bandar Narkoba

DPR, kata Dasco, akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membahas legalisasi ganja untuk kebutuhan medis.

Nanti kita akan coba koordinasikan dengan komisi teknis dan juga Kementerian Kesehatan dan lain-lain lihat agar kita juga bisa kemudian menyikapi hal itu, ujar Dasco.

Ketua Harian Partai Gerindra ini pun tidak menutup kemungkinan bahwa legalisasi ganja untuk medis dapat diatur dalam revisi Undang-Undang Narkotika yang sedang diproses di DPR.

Ya nanti kita coba koordinasikan, tutup pimpinan DPR RI itu. (Pon)

Baca Juga

Pentingnya Peran Orangtua Cegah Anak Terjerumus ke Narkoba


https://merahputih.com/post/read/dpr-akan-buat-kajian-legalisasi-ganja-medis-di-indonesia

Sumber: https://merahputih.com/post/read/dpr-akan-buat-kajian-legalisasi-ganja-medis-di-indonesia
Tokoh





Graph

Extracted

persons Andien, Sufmi Dasco Ahmad,
ministries DPR RI,
parties Gerindra,
topics legalisasi ganja,
events CFD,
fasums Kompleks Parlemen Senayan,
products Ganja, Narkotika,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,
cases covid-19, Narkoba,