Dukungan NasDem Bikin Elektabilitas Anies Naik

  • 27 Juni 2022 05:18:28
  • Views: 9

MerahPutih.com - Hasil survei terbaru elektabilitas bakal Capres dan Partai Politik jelang Pemilu 2024 kembali keluar. Yang teranyar, hasil survei Polmatrix Indonesia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 20,8 persen. Sedangkan Prabowo menyusul di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 19,3 persen, kemudian Ganjar Pranowo sebesar 18,8 persen.

Baca Juga:

Komentar AHY Tak Dilirik Kader NasDem Jadi Bakal Capres 2024

Dukungan publik terhadap Anies untuk pencapresan mengalami peningkatan sepanjang paruh pertama 2022 jika dibandingkan dengan survei pada bulan Maret 2022.

Anies memperoleh limpahan dukungan dari pemilih capres-capres potensial yang bakal berlaga pada Pilpres 2024, ucap Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (26/6).

Ia memaparkan, naiknya nama Anies tidak lepas dari dukungan yang diberikan sejumlah partai politik untuk mengusungnya sebagai capres seprti dalam Rakernas Partai Nasdem yang memunculkan nama Anies serta partai yang lain yang pun menunjukkan arah dukungan terhadap Anies, seperti PKS, PPP, dan PAN.

Menguatnya Anies juga membuka kemungkinan terbentuknya poros koalisi yang diinisiasi NasDem, di luar poros PDIP maupun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sementara itu, Ganjar masih harus berjuang untuk bisa mendapatkan tiket capres dari internal PDIP dan cenderung mengalami stagnasi dalam setahun terakhir.

Hal yang sama terjadi pada Prabowo yang elektabilitasnya relatif stabil dan belum ada tanda-tanda kenaikan secara signifikan.

Anies kini berkembang menjadi figur alternatif kepemimpinan nasional dengan mengalirnya dukungan dari pemilih moderat, kata Dendik.

Survei Polmatrix Indonesia ini dilakukan pada tanggal 16-21 Juni 2022 terhadap 2.000 responden mewakili 34 provinsi dengan multistage random sampling (acak bertingkat), margin of error survei sebesar 2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Knu)

Baca Juga:

Diminta Surya Paloh Tak Buru-buru, AHY Akui Makin Mesra dengan NasDem


https://merahputih.com/post/read/dukungan-nasdem-bikin-elektabilitas-anies-naik

Sumber: https://merahputih.com/post/read/dukungan-nasdem-bikin-elektabilitas-anies-naik
Tokoh











Graph