Tari Gatotkaca dan Gending Pancasila Warnai Peringatan Bulan Bung Karno di Solo

  • 26 Juni 2022 23:18:54
  • Views: 13

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dengan Pemkot Solo menggelar konser gamelan Gending Bung Karno dan Pertunjukan Tari Gatotkaca di Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (26/6).

Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Bulan Bung Karno, dimulai dengan penampilan Tari Barongsai dan Reog Ponorogo, kemudian dilanjutkan dengan konser gamelan dan ditutup dengan Tari Gatotkaca masal.

Baca Juga:

Sekjen PDIP Sebut Pertemuan Ganjar dan AHY Tidak Direncanakan

Berbagai ragam gending yang dimainkan dalam acara tersebut yaitu Gending Pancasila, Gending Perahu Layar, Gending 45, Gending Gugur Gunung, Gendhing Kui Opo Kui, serat Gending Trisakti.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ambil bagian dalam acara tersebut dengan ikut menari mengenakan kostum Gatot Kaca dan mengapresiasi dengan banyaknya seniman dan pelajar menari ini.

Tadi saya melihat ada anak kecil menari Gatotkaca. Entah berapa tari yang dikuasai. Dengan sangat luwesnya menari sangat bagus untuk melestarikan budaya sejak dini pada anak-anak, kata Ganjar.

Ia menegaskan, kegiatan menari bersama tersebut merupakan rangkaian Peringatan Bulan Soekarno di Jawa Tengah. Pihaknya bangga regenerasi seni tradisional terus berlanjut.

Seniman cilik (Alexander Arrondya Iswara Bumi) yang masih berusia sembilan tahun ini, sangat kuar biasa, katanya.

Ganjar meyakini bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang berkepribadian dalam kebudayaan dan berjanji acara budaya akan lebih digencarkan lagi di Jawa Tengah. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Ganjar Bacakan Rekomendasi Rakernas PDIP, Penentuan Capres Hak Megawati


https://merahputih.com/post/read/tari-gatotkaca-dan-gending-pancasila-warnai-peringatan-bulan-bung-karno-di-solo

Sumber: https://merahputih.com/post/read/tari-gatotkaca-dan-gending-pancasila-warnai-peringatan-bulan-bung-karno-di-solo
Tokoh











Graph