Kemenag Catat 14 Orang Jemaah Calon Haji Meninggal Sampai Sabtu (26/6)

  • 26 Juni 2022 21:19:19
  • Views: 8

MerahPutih.com - Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama tercatat, delapan calon haji meninggal di Madinah dan di Bandara.

Sedangkan di Makkah, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah kerja (Daker) Makkah melaporkan, hingga saat ini enam calon haji meninggal dunia, sehingga total 14 jemaah meninggal, sebelum Idul Adha berlangsung.

Baca Juga:

61 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Kepala Daker Mekkah, Mukhammad Khanif di Mekkah, mengatakan, hingga saat ini enam calon haji meninggal di Makkah sebagian besar karena penyakit jantung.

Jemaah haji yang wafat itu sebagian besar karena penyakit jantung, informasi terakhir sampai saat ini sudah enam jamaah, semoga ke depan jamaah haji sehat-sehat selalu, kata Khanif dikutip Antara.

Ke enam calon haji tersebut yaitu Suharno Muhammad Sudjin (63) asal kloter 10 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) dari Jakarta Utara meninggal di RS Arab Saudi pada Rabu (22/6) karena penyakit jantung.

Kemudian di hari yang sama, calon haji asal Kabupaten Pati Jawa Tengah atas nama Subagi Darsono Daud (60) dari kloter 2 embarkasi Solo (SOC) juga meninggal dunia di RS Arab Saudi karena penyakit jantung.

Lalu pada Kamis (23/6), calon haji atas nama Alfin Hartini Soengeb (59) dari kloter 9 embarkasi Surabaya (SUB) asal Kabupaten Tulungagung meninggal di RS Arab Saudi karena penyakit terkait pernapasan.

Pemakaman
Pemakaman calon haji yang meninggal dunia di Madinah. ANTARA/HO-PPIH Surabaya

Kemudian calon haji atas nama Fadlillah Muhaki Al Hapisa (62) dari kloter 22 embarkasi Surabaya (SUB) asal Probolinggo meninggal pada Sabtu (24/6) karena penyakit jantung.

Calon haji asal Nganjuk dari kloter 10 embarkasi Surabaya (SUB) atas nama Samiran Mudjiono Kartoredjo (64) tercatat meninggal di hari yang sama di hotel akibat penyakit jantung.

Terbaru, pada Sabtu, calon haji asal Kebumen atas nama Yuli Nurani Hidayah (56) dari kloter 27 embarkasi Solo (SOC) meninggal akibat penyakit jantung di RS Arab Saudi.

Sementara itu, calon haji yang tertabrak mobil di Mekkah atas nama Sarjaka Ngadiman Nitikrama yang mengalami patah tulang di bagian lengan atas akan segera menjalani operasi.

Kondisi jamaah, alhamdulillah bisa berkomunikasi dengan normal. Informasi dari rumah sakit, lengan kiri atas rencana akan dioperasi, kata Khanif.

Hingga Jumat (24/6) malam calon haji Indonesia yang sudah sampai di Arab Saudi sebanyak 63.134 orang atau sekitar 63 persen dari total 100.051 warga Indonesia yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022.

Dari 63.134 calon haji Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi, ada 53.512 orang yang sudah berada di Kota Mekkah dengan perincian 34.713 orang datang ke Mekkah dari Madinah dan 18.799 orang datang ke Mekkah dari Jeddah. (*)

Baca Juga:

Layanan Makkah Road Permudah Proses Keimigrasian Jemaah Haji


https://merahputih.com/post/read/kemenag-catat-14-orang-jemaah-calon-haji-meninggal-sampai-sabtu-26-6

Sumber: https://merahputih.com/post/read/kemenag-catat-14-orang-jemaah-calon-haji-meninggal-sampai-sabtu-26-6
Tokoh





Graph