Jelang Idul Adha 2022, Kementan Jamin Stok Cabai Tersedia Meski Harganya Mahal

  • 26 Juni 2022 18:36:41
  • Views: 7

PIKIRAN RAKYAT – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok cabai mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri menjelang Idul Adha 1443 Hijriah / 2022 Masehi.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto mengatakan sesuai arahan yang diterima pihaknya dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin, komoditas cabai dipastikan akan tersedia.

Ketersediaan aneka cabai (rawit merah, rawit hijau, merah keriting dan cabai besar) pada bulan Juni hingga Juli 2022 masih surplus untuk memenuhi kebutuhan nasional, kata Prihasto Setyanto usai panen cabai di sentra penghasil cabai di Temanggung, Jawa Tengah, Minggu.

Baca Juga: Solusi Bagi Jemaah Haji yang Tak Bisa Lakukan Umrah Wajib karena Haid atau Sakit

Namun, menurut dia, harga cabai dipastikan bakal mahal lantaran di beberapa daerah sentra cabai ada yang mengalami penurunan produksi akibat banyak yang terserang penyakit.

Sesuai arahan Menteri Pertanian, kami ingin memastikan bahwa kondisi cabai menjelang Idul Adha ini cukup, walaupun harganya agak tinggi karena ada beberapa daerah yang biasa tanam cabai sekarang lagi mulai penanaman akibat situasi anomali cuaca, katanya.

Berdasarkan pantauan di sentra penghasil cabai yang ada di Kecamatan Ngadirejo, tanaman cabai di lahan tersebut tersebar seluas 500 hektare dan siap panen.

Baca Juga: Piala Dunia U-20: FIFA Sebut Kondisi Stadion Si Jalak Harupat Parah

Prihasto mengklaim, melihat kondisi seperti itu dipastikan kebutuhan cabai akan terpenuhi bukan hanya untuk Provinsi Jateng saja, namun bisa juga dikirim hingga Jakarta.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014843785/jelang-idul-adha-2022-kementan-jamin-stok-cabai-tersedia-meski-harganya-mahal

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014843785/jelang-idul-adha-2022-kementan-jamin-stok-cabai-tersedia-meski-harganya-mahal
Tokoh



Graph

Extracted

persons Prihasto Setyanto,
companies ADA,
ministries FIFA, Kementan,
topics haji,
events Idul Adha 1441 Hijriah, Piala Dunia U-20 2021,
fasums Stadion Si Jalak Harupat,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Temanggung,
plants Cabai,