Pastikan Bebas PMK, Begini Prosedur Pemeriksaan Sapi Kurban yang Masuk ke Jakarta

  • 26 Juni 2022 16:48:37
  • Views: 15

JAKARTA - Penjualan hewan kurban yang ada di sejumlah tempat penjualan di DKI Jakarta harus memenuhi prosedur yang berlaku untuk memastikan sapi yang dijual bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

 BACA JUGA: Waspada Daging Kurban Terinfeksi PMK, Dokter: Pilihlah Hewan Bersertifikat

Salah satu tempat penjualan hewan kurban ini berlokasi di lahan kosong dekat dengan akses jalan raya utama, yakni di Jalan Enggano, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

M. Yusuf Bahrobi (54) penanggung jawab tempat penjualan hewan kurban di Jalan Enggano Tanjung Priok menyebutkan, untuk memasukkan sapi ke Jakarta cukup sulit karena prosedurnya ketat dan harus ditaati oleh pengusaha hewan kurban.

Ini pasokan sapi dari Bali dan Kupang. Hari ini baru 60 sapi yang ada. Kita rencanakan adakan 150-200 sapi tapi melihat kebutuhan masyarakat terutama terkait regulasi masuknya sapi ke Jakarta kan sangat ketat karena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kita melalui prosedur yang ditetapkan pemerintah, ujar Yusuf, Minggu (26/6/2022).

Secara garis besar ia menyebutkan untuk memasukkan hewan sapi tersebut harus memenuhi persyaratan dari daerah asal sapi maupun di lokasi tempat penjualan.

 BACA JUGA:Menag Yaqut Imbau Masyarakat Tak Paksakan Kurban di Tengah Wabah PMK

Prosedur pertama itu dari daerah asal harus ada pernyataan bebas PMK, baru ada izin dari Provinsi DKI. Setelah sapi datang harus ada surat SKKH (karantina hewan) dan SPKH (surat dari Sudin KPKP) bahwa sapi yang masuk melalui proses pemeriksaan kesehatan ketat dan karantina dari Sudin Peternakan daerah asal sapi tersebut, terang Yusuf.

Dikatakannya dengan prosedur yang cukup ketat tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat semakin tenang apabila hendak membeli hewan kurban sapi.

 BACA JUGA:8 Kambing untuk Kurban Idul Adha Digasak Maling saat Penjaga Sedang Salat Maghrib

Maka untuk saat ini pedagang banyak yang tidak bisa memasukkan sapi nya ke Jakarta karena prosedur itu. Kita tidak mau sapi yang kita masukkan memiliki penyakit, pungkas Yusuf.


https://megapolitan.okezone.com/read/2022/06/26/338/2618482/pastikan-bebas-pmk-begini-prosedur-pemeriksaan-sapi-kurban-yang-masuk-ke-jakarta?page=1

Sumber: https://megapolitan.okezone.com/read/2022/06/26/338/2618482/pastikan-bebas-pmk-begini-prosedur-pemeriksaan-sapi-kurban-yang-masuk-ke-jakarta?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Fachrul Razi, Sudin,
companies ADA,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products daging, Hewan kurban,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Tanjung Priok,
cases Maling,
animals Kambing, Sapi,
musicclubs IZ*ONE,