Jokowi Dorong Pemulihan Rantai Pasok dan Atasi Potensi Krisis Pangan di KTT G7

  • 26 Juni 2022 15:18:38
  • Views: 18

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo pada Minggu (26/6) pagi, menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7 atau G7 Summit for Partner Countries yang digelar di Elmau, Jerman pada 26-27 Juni 2022.

Terkait kunjungan kerja ke luar negeri, Jokowi, menjelaskan, dalam pertemuan itu, Indonesia diundang sebagai negara mitra dalam KTT G7 dan sebagai ketua G20.

Baca Juga:

Jokowi Berangkat ke Jerman Hadiri KTT G7, Lalu ke Ukraina dan Rusia

Ia memaparkan, masalah pangan dan rantai pasokan menjadi salah satu pembahasan dalam KTT G7 itu.

Di sini kita akan mendorong, mengajak negara-negara G7 untuk bersama-sama mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia, kata dia.

Presiden juga dijadwalkan melakukan pertemuan-pertemuan bilateral dengan para pimpinan negara-negara anggota G7 dan negara mitra lain yang turut hadir.

Ia menjelaskan, bahwa dalam pertemuan itu, negara-negara peserta G7 juga akan mendorong perdamaian di Ukraina dan Rusia, dan juga mengakui solusi atas perang antara Rusia-Ukraina memang tidak mudah.

Pada Jumat (24/6), Menlu RI Retno Marsudi, bersama dengan Menlu Jerman, Menlu Prancis, Menlu AS, dan Menlu Senegal, telah memimpin bersama Ministerial Conference on Uniting for Global Food Security yang diselenggarakan oleh Jerman selaku Presiden G7 di Berlin secara hybrid.

Menlu Retno menegaskan, perang selalu menjadi tragedi kemanusiaan dan dampaknya tidak terbatas pada satu wilayah saja. Perang yang saat ini terjadi telah menghancurkan sistem pangan global yang sebelumnya sudah dilemahkan oleh pandemi dan perubahan iklim.

Di waktu yang sulit ini, dunia tidak punya pilihan lain selain bersatu untuk memulihkan ketahanan pangan global, tegas Menlu Retno.

Indonesia bersama India, Senegal, Argentina, dan Afrika Selatan menerima undangan untuk menghadiri pertemuan itu. (Knu)

Baca Juga:

Indonesia Bawa Isu Pangan pada KTT G7 di Jerman


https://merahputih.com/post/read/jokowi-dorong-pemulihan-rantai-pasok-dan-atasi-potensi-krisis-pangan-di-ktt-g7

Sumber: https://merahputih.com/post/read/jokowi-dorong-pemulihan-rantai-pasok-dan-atasi-potensi-krisis-pangan-di-ktt-g7
Tokoh





Graph