Kenali Modus Soceng, Aksi Penipuan untuk Gasak Isi Rekening Lewat Pemberitahuan Palsu

  • 26 Juni 2022 12:37:16
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT – Marak penipuan bermodus surat perubahan tarif bank palsu jadi fenomena yang memperihatinkan.

Pasalnya, tak sedikit korban tertipu karena ceroboh memberikan data pribadi karena dikirimi surat pemberitahuan palsu seperti perubahan tarif.

Tak hanya modus surat pemberitahuan perubahan tarif bank, aksi penipuan tersebut berkembang jadi penawaran nasabah prioritas, layanan konsumen bodong, dan biaya administrasi lainnya.

Modus-modus di atas termasuk ke dalam modus Social Enginering atau lebih dikenal Soceng.

Baca Juga: Cara Membayar Tunggakan BPJS Kesehatan Lebih dari 3 Bulan, Syarat Mudah Fasilitas Bisa Langsung Dimanfaatkan

“Social Engineering atau Soceng adalah modus dengan cara memanipulasi psikologis korban sehingga korban secara tidak sadar memberikan informasi data pribadi atau akses yang diinginkan pelaku, kata BSSN RI melalui unggahan di akun Instagram @bssn_ri.

Modus pemberitahuan tersebut dapat dikirim melalui surat elektronik, chat, Direct Message (DM) atau surat yang meminta korban untuk mengisi sebuah formulir dengan data-data pribadi.

Ketika korban mengisi formulir dengan data pribadi dan mengirimkannya kepada pelaku, maka penipu memiliki akses dan data untuk menguras isi rekening korban.

Tak hanya soal rekening bank, Soceng juga mulai menyasar akun-akun media sosial untuk diambil alih dengan cara yang sama.


https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-014840352/kenali-modus-soceng-aksi-penipuan-untuk-gasak-isi-rekening-lewat-pemberitahuan-palsu

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-014840352/kenali-modus-soceng-aksi-penipuan-untuk-gasak-isi-rekening-lewat-pemberitahuan-palsu
Tokoh

Graph

Extracted

companies Instagram,
ministries BPJS, BSSN,