Kemkominfo Gelar Diskusi Literasi Digital untuk Para Pelaku UMKM di Sulawesi

  • 26 Juni 2022 09:10:16
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta - Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) kembali mengadakan rangkaian diskusi literasi digital dengan tema 'Indonesia Makin Cakap Digital' di Sulawesi. Acara yang digelar secara virtual ini merupakan juga kerja sama antara Siberkreasi dan Dyandra Promosindo.

Sebagai salah satu rangkaian diskusi literasi ini, penyelenggara mengangkat tema 'Cerdas dalam Bermedia Sosial'. Ada tiga narasumber yang dihadirkan, yakni produser film di Finisia Production Amril Nuryan, Ketua Asosiasi Sales Nasional Indonesia (ASNI) Hasrul As, dan Aristayudha selaku Dosen Bisnis Digital Universitas Bali Internasional dan Direktur PT Tumbuh Bersama Bangsa.

Masifnya penggunaan internet di Indonesia menimbulkan risiko penipuan daring, hoaks, perundungan siber, dan hal negatif lainnya, tutur Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pengerapan dalam pembukaan acara seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (26/6/2022).

Oleh karena itu, peningkatan ini perlu diimbangi dengan literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan produk digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna.

Amril sebagai pembicara pertama membahas mengenai sosialisasi e-market bagi para pelaku UMKM. Ia menuturkan mengenai pentingnya transformasi digital bagi bisnis, karena bisa mempercepat perubahan secara eksponensial bagi perusahaan, meningkatkan performa perusahaan, dan kemudahan berinteraksi dengan pelanggan.

Bisnis ritel tidak lagi tentang produk, tetapi tentang pelanggan. Model bisnis buy-low, sell-high sekarang dikalahkan oleh raksasa e-commerce seperti Amazon, Tokopedia, Shopee, Tiktok, dll, tuturnya menjelaskan.

Sementara Hasrul As membahas mengenai strategi yang perlu dilakukan para pelaku UMKM agar bisa menarik perhatian konsumen. Mulai dari menyiapkan produk yang akan dijual, mengenali target pasar, mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing, serta mengenali lokapasar, termasuk menentukan promosi yang cocok antara produk dengan target konsumen.

Lalu Aristayudha menjelaskan mengenai pentingnya UMKM untuk membuat promosi produknya dibuat menarik. Karenanya, ia menyarankan para pelaku UMKM memanfaatkan media sosial, e-market, internet, serta pola pikir untuk bisa berkolaborasi dengan pihak ketiga.

Hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kemkominfo ini memang diharapkan bisa mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif. Dalam hal ini, program ditujukan untuk sejumlah wilayah, termasuk komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mendorong para pelaku startup terus mengembangkan diri, hingga berstatus unicorn.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4995535/kemkominfo-gelar-diskusi-literasi-digital-untuk-para-pelaku-umkm-di-sulawesi

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4995535/kemkominfo-gelar-diskusi-literasi-digital-untuk-para-pelaku-umkm-di-sulawesi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Rudiantara,
companies ADA, Amazon, Shopee, TikTok, Tokopedia, WhatsApp,
ministries Kemenkominfo, Siberkreasi,
topics e-commerce, transformasi digital,
products startup, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,