Peristiwa 25 Juni: Kelahiran BJ Habibie hingga Kematian Raja Pop Dunia Michael Jackson

  • 25 Juni 2022 05:46:21
  • Views: 10

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 25 Juni setiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah, kelahiran dari Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie hingga hari kematian sang raja pop dunia, Michael Jackson.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 25 Juni dari Wikipedia, antara lain:

 BACA JUGA:Peristiwa 24 Juni: Tentara Sekutu Mendarat di Halmahera hingga Lahirnya Pemain Sepakbola Lionel Messi

1. Kelahiran Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie

 

BJ Habibie yang lahir pada 25 Juni 1936 (83 tahun) merupakan Presiden ketiga Indonesia pasca-lengsernya almarhum Soeharto yang diwarnai pergolakan reformasi 1998-1999. Jabatannya digantikan oleh almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999.

 BJ

Dengan menjabat selama 2 bulan dan 7 hari sebagai wakil presiden, dan 1 tahun dan 5 bulan sebagai presiden, Habibie merupakan wakil presiden dan juga presiden dengan masa jabatan tersingkat.

Dan pada 11 September 2019, BJ Habibie meninggal dunia di umur 83 tahun. Mengenang kepergiannya, sejumlah pemikiran dan prestasi yang ditorehkan BJ Habibie patut dikenang agar dapat dijadikan pembelajaran.

Segudang posisi penting di pemerintahan pernah diembannya, dari menteri hingga orang nomor dua di negeri ini. BJ Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden ke-7 RI menggantikan Try Sutrisno. Lalu, ia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada 21 Mei 1998.

Dari sekian banyak presiden RI, ia merupakan satu-satunya presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi dari garis keturunan ayahnya yang berasal dari Kabila, Gorontalo dan etnis Jawa dari ibunya yang berasal dari Yogyakarta.

2. Argentina juara Piala Dunia 1978

 

Piala Dunia FIFA 1978, adalah Piala Dunia FIFA ke-11, dilangsungkan di Argentina antara 1 Juni dan 25 Juni. Argentina dipilih menjadi tuan rumah oleh FIFA pada bulan Juli 1966.

 BACA JUGA:Peristiwa 22 Juni: Lahirnya Zinedine Zidane

Piala Dunia FIFA 1978 dimenangkan Argentina yang mengalahkan Belanda 3-1 setelah Perpanjangan waktu di final. Ini adalah gelar pertama bagi Argentina yang menjadi tim ke enam (setelah Uruguay, Italia, Jerman Barat, Brasil dan Inggris) yang menjadi juara.

3. Dimulainya Perang Korea

 

Perang Korea adalah sebuah konflik antara Korea Utara dan Korea Selatan yang terjadi sejak 25 Juni 1950 hingga 27 Juli 1953. Perang ini juga disebut perang yang dimandatkan (bahasa Inggris: proxy war) antara Amerika Serikat bersama sekutu PBB-nya dengan komunis Republik Rakyat Tiongkok yang bekerjasama dengan Uni Soviet (juga anggota PBB).

Peserta perang utama adalah Korea Utara dan Korea Selatan. Sekutu utama Korea Selatan adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Britania Raya, meskipun banyak negara lain mengirimkan tentara di bawah bendera PBB.

Sekutu Korea Utara, seperti Republik Rakyat Tiongkok menyediakan kekuatan militer, sementara Uni Soviet yang menyediakan penasihat perang, pilot pesawat, dan juga persenjataan untuk pasukan Tiongkok dan Korea Utara.

4. Meninggalnya raja pop dunia, Michael Jackson

 

Michael Jackson meninggal pada 25 Juni 2009. Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat.

Ia terkenal sebagai the King of Pop dan memopulerkan gerakan dansa Moonwalk yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia.

Jacko, demikian ia karib disapa, memulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi the Jackson 5-red) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/25/337/2617916/peristiwa-25-juni-kelahiran-bj-habibie-hingga-kematian-raja-pop-dunia-michael-jackson?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/25/337/2617916/peristiwa-25-juni-kelahiran-bj-habibie-hingga-kematian-raja-pop-dunia-michael-jackson?page=1
Tokoh















Graph