OJK dan Industri Keuangan Tanam 20 Ribu Bakau Dukung Net Zero Emission

  • 24 Juni 2022 22:58:59
  • Views: 16

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Industri Jasa Keuangan (IJK) mengadakan kegiatan IJK Peduli Lingkungan dengan menanam 20.000 tanaman bakau di Eco Mangrove Kedonganan Bali. Langkah ini guna mendukung target nol emisi karbon atau net zero emission pada 2060.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, dirinya mengapresiasi kepada industri jasa keuangan yang telah terlibat. Sehingga kehadirannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas karena mampu memberikan manfaat dan nilai tambah ekonomis bagi masyarakat sekitar, khususnya yang berada di sekitar pantai.

Kegiatan ini merupakan wujud dukungan kita dalam pelestarian lingkungan melalui program yang menjadi agenda global dalam menurunkan emisi menjadi net zero emission pada tahun 2060. Salah satunya upaya tersebut melalui penanaman mangrove atau bakau, kata Wimboh dalam keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).

Kegiatan ini sejalan dengan komitmen OJK yang tertuang dalam Kebijakan Strategis tahun 2022 terkait inisiatif keuangan berkelanjutan (sustainable finance).

OJK telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mendukung transformasi sektor bisnis ke arah ekonomi berkelanjutan, dengan menerbitkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan Tahap I dan II, berbagai Peratuan OJK dan aturan turunan terkait keuangan berkelanjutan, serta Taksonomi Hijau Indonesia yang telah diluncurkan oleh Presiden RI pada Januari tahun ini.

Dalam kegiatan ini, OJK dan IJK juga turut memberikan bantuan berupa toilet umum dan peralatan produksi serta memberikan pelatihan bagi nelayan dan masyarakat di sekitar Eco Mangrove Kedonganan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pusat Informasi Mangrove didirikan konsorsium Javlec Indonesia sebagai alternatif wisata di kepulauan derawan. didirikan di lahan seluas 3,69 hektar dan miliki jogging track sepanjang 1,5 km


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4995005/ojk-dan-industri-keuangan-tanam-20-ribu-bakau-dukung-net-zero-emission

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4995005/ojk-dan-industri-keuangan-tanam-20-ribu-bakau-dukung-net-zero-emission
Tokoh



Graph

Extracted

persons Wimboh Santoso,
companies WhatsApp,
ministries OJK,
topics Sustainable Finance,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Marunda,