3 Ekor Sapi di Jakut Diduga Terinfeksi Virus PMK

  • 24 Juni 2022 21:19:34
  • Views: 5

MerahPutih.com - Penyakit mulut dan kuku (PMK) tengah mewabah di Indonesia. Penyebaran virus PMK juga telah ditemukan di Jakarta.

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Jakarta Utara menemukan, tiga ekor sapi yang tersuspek PMK.

Staf Pemeriksa Hewan Kurban dari Dinas KPKP Jakarta Utara Agus mengatakan, Dinas KPKP telah melaporkan temuan ini melalui aplikasi integrated Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS). Nantinya, petugas dari Balai Besar Penelitian Veteriner akan mengambil sampel sapi tersuspek itu untuk pengujian klinis.

Baca Juga:

Redam Penyebaran Virus PMK Jelang Idul Adha, Jokowi Perintahkan Lockdown

Jadi yang kita periksa kita menemukan ada 3 ekor sapi dengan tanda-tanda klinis seperti PMK. Tapi kepastian penyakitnya harus uji laboratorium, makanya kita kirim laporan ke kementerian (kesehatan), ucap Agus saat dikonfirmasi, Jumat (24/6).

Agus menuturkan, temuan 3 sapi bergejala mirip virus PMK ini hanya di satu lokasi saja di wilayah Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Lanjut Agus, sapi yang begejala PMK ini berasal dari wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan kasus tersebut ditemukan belum lama ini.

Ditemukan kasus PKM itu sekitar Selasa (21/6) atau Rabu (22/6), ucapnya.

Baca Juga:

Anggaran Penanganan COVID-19 Digunakan Buat Tangani PMK

Agus menuturkan, setelah terdekteksi bergejala PMK, tiga sapi tersebut dilakukan karantina selama 14 hari atau dua minggu. Dipisahkan dengan hewan lainnya, supaya tidak menular dengan hewan lain. Kemudian dilakukan tindakan pengobatan, pemberian multivitamin dan antinyeri.

Lalu untuk sapi lainnya juga dilaksanakan penanganan pengobatan agar dari virus PMK.

Terhadap 3 ekor sapi itu langsung diisolasi, dikarantina, jauh dari sapi lainnya kemudian dilakukan penangan pengobatan, ungkap Agus. (Asp)

Baca Juga:

Airlangga Bilang Penanganan PMK di Daerah Berbasis Mikro


https://merahputih.com/post/read/3-ekor-sapi-di-jakut-diduga-terinfeksi-virus-pmk

Sumber: https://merahputih.com/post/read/3-ekor-sapi-di-jakut-diduga-terinfeksi-virus-pmk
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
topics lockdown,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA BARAT,
cities Koja,
cases covid-19,
animals Sapi,