KRL Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

  • 24 Juni 2022 17:18:29
  • Views: 17

MerahPutih.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator kereta rel listrik (KRL) lintas Jogja-Solo bakal memperpanjang jalur dari Stasiun Solo Balapan sampai ke Stasiun Palur Karanganyar.

Dirut PT KCI, Roppiq Lutfi Azhar mengatakan sesuai rencana pihaknya akan menambah rute KRL tahun ini sampai ke Stasiun Palur. Untuk merealisasikan tersebut dilakukan uji coba terbatas selama sepekan mulai tanggal 20 sampai 26 Juni.

Baca Juga

Penumpang KRL Jabodetabek Segera Bisa Turun Naik di Stasiun Matraman

Kita uji coba pengoperasian perjalanan KRL lintas Solo Balapan-Palur selama sepekan sekaligus sosialisasi pada masyarakat, kata Lutfi di Stasiun Solo Balapan, Jumat (24/6).

Dikatakannya, pembangunan fasilitas KRL sudah selesai dibangun oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah. Rencananya, pengoperasian penambahan perjalanan itu akan dimulai pada pertengahan bulan Juli 2022.

Uji coba kita lakukan selama sepekan mulai Senin lalu hingga Minggu mendatang. Saya lihat warga yang mengikuti uji coba perjalanan KRL sangat antusias, kata dia.

Ia mengatakan jarak antara Solo dengan Palur yang biasanya ditempuh dengan kendaraan memakan waktu 20 menit, kini hanya menjadi 10 menit menggunakan KRL. Pembangunan elektrifikasi jalur ini dimulai tahun 2022 dan selesai pada tahun 2022.

“Alhamdulillah sudah bisa memenuhi persyaratan dalam mengoperasikan KRL lintas Solo Balapan sampai Stasiun Palur, kata dia.

Baca Juga

Catat! Perubahan Pola Operasi Perjalanan KRL Diberlakukan Mulai Besok

Menurut Roppiq, rencananya KRL tersebut akan mulai beroperasi secara komersial hingga Stasiun Palur pada pertengahan bulan depan.

Diharapkan adanya KRL Jogja-Solo yang diperpanjang hingga Palur itu dapat melayani warga Karanganyar dan sekitarnya yang akan pergi ke Solo maupun Jogja.

Rencana pertengahan bulan Juli akan mulai dioperasikan secara komersial. Penumpang KRL di Stasiun Palur bukan hanya Karanganyar saja tapi juga dari arah Sragen, kata dia.

Selama uji coba, kata dia, setiap harinya terdapat empat jadwal perjalanan KRL yang menempuh jarak sekitar 6,7 kilometer dari Solo Balapan menuju Palur.

“Perjalanan dari Solo Balapan hingga Palur memakan waktu sekitar 10 menit. Karena tadi masih uji coba bukan dengan kecepatan pada saat sudah mulai beroperasi. Kecepatannya bisa disesuaikan ya sekitar 90 kilometer per jam, pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Simak, Perubahan Rute Baru Perjalanan KRL Jabodetabek


https://merahputih.com/post/read/krl-solo-balapan-palur-beroperasi-juli-2022

Sumber: https://merahputih.com/post/read/krl-solo-balapan-palur-beroperasi-juli-2022
Tokoh



Graph

Extracted

persons Basuki Tjahaja Purnama,
bumns PT KCI,
topics Listrik,
products KRL,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Jabodetabek, Karanganyar, Matraman, Solo, Sragen,