Peringatan Dini BMKG untuk Perairan Selatan Jawa Barat hingga Yogyakarta, Gelombang Diprediksi sampai 6 Meter

  • 24 Juni 2022 16:37:55
  • Views: 6

PIKIRAN RAKYAT - BMKG merilis laporan tentang sejumlah wilayah perairan selatan di Pulau Jawa akan memiliki gelombang sangat tinggi yang berkisar 4-6 meter.

Diprediksi memiliki gelombang sangat tinggi, BMKG menyebut warga yang mendiami perairan selatan, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lebih lanjut, peringatan dini BMKG tentang prediksi gelombang sangat tinggi dilaporkan karena wilayah Samudera Hindia meliputi Jawa Barat hingga Yogyakarta.

Baca Juga: Imbas Promo Pemilik Nama 'Muhammad dan Maria', Holywings Group Terancam Lima Tahun Penjara

Hari ini (24 Juni 2022) kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi seiring dengan perkembangan kondisi cuaca di laut selatan Jabar hingga DIY, kata Teguh Wardoyo selaku Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap.

Dalam penjelasan detailnya, gelombang sangat tinggi yang diprediksi datang itu terjadi karena pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang bergerak dengan kecepatan berkisar 1-25 knot.

Diketahui, kecepatan angin tertinggi menurut BMKG tengah terjadi di beberapa perairan Indonesia, yakni Kepulauan Mentawai, Selat Sunda, perairan Lampung barat, perairan Pulau Jawa bagian selatan dan Laut Arufuru.

Baca Juga: Dugaan Pungli di SMKN 5 Bandung, Terungkap Biaya yang Ditagih Oknum Panitia PPDB

Arah gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi dapat memicu terjadinya gelombang tinggi, tuturnya menjelaskan, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara News.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014824283/peringatan-dini-bmkg-untuk-perairan-selatan-jawa-barat-hingga-yogyakarta-gelombang-diprediksi-sampai-6-meter

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014824283/peringatan-dini-bmkg-untuk-perairan-selatan-jawa-barat-hingga-yogyakarta-gelombang-diprediksi-sampai-6-meter
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hindia, Muhammad,
ministries BMKG,
topics PPDB,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, LAMPUNG, SUMATERA BARAT,
cities bandung, Cilacap, Yogyakarta,