Waspada Praktik Dukun Penipuan Banaspati atau Bola Api, Simak Penjelasan Ilmiahnya

  • 24 Juni 2022 14:36:46
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat Indonesia masih banyak yang percaya mengenai hal-hal supranatural yang sebenarnya adalah sebuah praktik penipuan dan mengesampingkan penjelasan ilmiah yang lebih masuk akal.

Hal tersebutlah yang membuat seorang pesulap, Marcel Radival ingin mengungkap penjelasan ilmiah dari beberapa praktek dukun penipuan yang videonya tersebar di internet.

Salah satunya adalah terbakarnya sebuah objek tertentu tanpa menggunakan korek api atau lebih dikenal di beberapa daerah dengan sebutan Banaspati atau bola api.

Dalam video yang diunggah Marcel Radival, dia menunjukan salah satu video dukun yang sedang melakukan pembersihan sebuah rumah dari gangguan-gangguan gaib.

Baca Juga: Pimpinan Ponpes di Subang Perkosa Murid 10 Kali, Terungkap Usai Ibu Korban Temukan Isi Curhat Anaknya

Dukun tersebut seakan membaca mantra sambil berkeliling rumah, sesampainya di sebuah kamar, dia meminta salah satu penghuni rumah untuk mengambil sebuah benda di bawah ranjang tempat tidur.

Benda tersebut adalah sebuah tisu. Menurut penjelasan dari Marcel, tisu tersebut sebelumnya secara sengaja sudah dipasang oleh salah satu tim dari dukun tersebut tanpa sepengetahuan pemilik rumah, sehingga pemilik rumah percaya bahwa tisu tersebut adalah kiriman ghaib yang menjadi sumber masalah di rumah itu.

Sang dukun lantas menggenggam tisu tersebut di tangan kirinya, sesampainya di luar rumah dan disaksikan banyak orang, dia menaruh tisu itu ke atas piring kecil, lalu membaca mantra dan meludahi tisu tersebut.

Baca Juga: Yusuf Mansur Menang di Pengadilan Atas Gugatan Pekerja Migran Hongkong, Wirda Mansur: Inilah Ayahku


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014822948/waspada-praktik-dukun-penipuan-banaspati-atau-bola-api-simak-penjelasan-ilmiahnya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014822948/waspada-praktik-dukun-penipuan-banaspati-atau-bola-api-simak-penjelasan-ilmiahnya
Tokoh





Graph

Extracted

persons Mansur, Yusuf Mansur,
organizations API,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities Hongkong,