Jerman Keluarkan “Alarm Peringatan” Atas Penurunan Pasokan Gas Rusia

  • 24 Juni 2022 13:06:51
  • Views: 15

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BERLINJerman mengeluarkan peringatan atas tren penurunan pasokan gas Rusia ke negaranya. Langkah tersebut diambil Jerman sebagai eskalasi terbaru dalam kebuntuan antara Eropa dan Moskow sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Ketergantungan Uni Eropa pada pasokan gas Rusia dan memicu pencarian sumber energi alternatif.

Dilansir dari Reuters, Jumat (24/6/2022), langkah tersebut sebagian besar merupakan sinyal simbolis bagi perusahaan dan rumah tangga, tetapi menandai perubahan besar bagi Jerman, yang memupuk ikatan energi yang kuat dengan Moskow sejak Perang Dingin.

Aliran gas yang lebih rendah memicu peringatan minggu ini bahwa Jerman bisa jatuh ke dalam resesi jika pasokan gas Rusia dihentikan sama sekali.

“Pengurangan pasokan gas adalah serangan ekonomi terhadap kita (Jerman) oleh Vladimir Putin, kata Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck.

Mulai sekarang, gas adalah komoditas langka di Jerman. Oleh karena itu, kami sekarang berkewajiban untuk mengurangi konsumsi gas. imbuhnya

Rusia membantah pemotongan pasokan itu disengaja, dengan pemasok gas negara yakni Gazprom menyalahkan keterlambatan pengembalian peralatan yang disebabkan oleh sanksi Barat.

Baca juga: Ekonomi Jerman Menuju Jurang Resesi oleh Embargo Gas Rusia

Berlin akan menyediakan jalur kredit 15 miliar euro atau sekitar 15,76 miliar dolar AS untuk mengisi penyimpanan gas dan meluncurkan model lelang gas musim panas ini untuk mendorong pengguna industri menghemat gas.

Tahap alarm kedua dari rencana darurat tiga tahap berarti pihak berwenang melihat risiko tinggi kekurangan pasokan jangka panjang. Ini mencakup klausul yang memungkinkan utilitas untuk segera memberikan harga tinggi kepada industri dan rumah tangga.

Baca juga: Pasokan Gas Seret Bikin Pusing Belanda, Tiru Jerman Hidupkan Pembangkit Batubara


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/24/jerman-keluarkan-alarm-peringatan-atas-penurunan-pasokan-gas-rusia

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/24/jerman-keluarkan-alarm-peringatan-atas-penurunan-pasokan-gas-rusia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Vladimir Putin,
companies Reuters, YouTube,
products batubara, dolar AS,
nations Belanda, Jerman, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
cities Berlin, Moskow,