Menengok Proses Produksi Timah di Unit Metalurgi Muntok, Pernah Jadi Terbesar di Dunia

  • 24 Juni 2022 12:59:58
  • Views: 7

Liputan6.com, Bangka Belitung - Perusahaan pelat merah di bidang pengolahan timah, PT Timah Tbk menargetkan peningkatan produksi bijih timah di tahun ini. Proses produksi salah satu kunci guna mengejar target tersebut.

Kepala Unit Metalurgi Muntok PT Timah, Wiyono membagikan sejumlah langkah produksi di kawasan yang dipimpinnya. Mulai dari pengeringan hasim tambang, hingga pencetakan timah yang siap untuk diekspor.

Di bagian ini, bijih timah hasil tambang akan di upgrade kualitasnya. Artinya, adanya proses pemisahan antara mineral timah dengan mineral lain yang ikut dari proses penambangan.

Proses smelting, proses dia meng-upgrade biji timah, jadi biji timahnya diupgrade dari kadar lowgrade 20-30 persen menjadi 70 persen itu tin content namanya, kata dia kepada wartawan di Unit Metalurgi Muntok, Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, ditulis Jumat (24/6/2022).

Pada proses ini, bijih timah hasil tambang lebih dulu dikeringkan untuk mengurangi kadar air yang terkandung. Lalu, digunakan sebuah alat guna memisahkan antara bijih timah (sn) dan mineral pengikut lainnya.

Kapasitas yang dimiliki pada tahapan ini bisa mencapai sekitar 5.000 ton OR per bulan. Nantinya, menghasilkan sekitar 1.500-2.000 ton sn.

Dari tin content ini masuk ke proses smelting, smelting ini dari pasir tadi, pasir ini masuk ke tanur nya dilebur kurang lebih 1300-1400 derajat (celcius). Outputnya timah cair. Timah cair ini nanti dimurnikan, nanti ada yang besinya dibuang kemudian jadi tin ingot, balok tin ingot, terangnya.

Proses melelehkan timah ini membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Guna melelehkan bijih timah menggunakan tanur atau tungku. Di Unit Metalurgi Muntok ini ada sekitar 6 tanur sebagai kapasitas terpasang.

Tiap tanurnya memiliki kemampuan produksi hingga 50 ton per hari. Secara rata-rata PT Timah mengoperasikan 3 tanur, meski bergantung pada jumlah hasil bijih timah yang masuk ke pabrik ini.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4994338/menengok-proses-produksi-timah-di-unit-metalurgi-muntok-pernah-jadi-terbesar-di-dunia

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4994338/menengok-proses-produksi-timah-di-unit-metalurgi-muntok-pernah-jadi-terbesar-di-dunia
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
products timah,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,