BMKG Sebut Gempa Magnitudo 5,1 di Laut Banda Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Maluku Diminta Tetap Tenang

  • 24 Juni 2022 00:47:17
  • Views: 16

Suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa dengan parameter pembaruan magnitudo (M) 5,1 yang terjadi di wilayah Laut Banda, Maluku, pada Kamis, pukul 21.59 WIB tidak berpotensi tsunami.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,40 derajat lintang selatan dan 130,24 derajat bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 241 km arah barat laut Saumlaki, Maluku pada kedalaman 158 km.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis di Jakarta Kamis malam.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Banda.

Baca Juga: BMKG: Perketat Tata Ruang Berbasis Risiko Tsunami di Mamuju

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust), katanya.

Ia mengatakan berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi itu menimbulkan guncangan di daerah Amahai, Maluku Tengah dan Maluku Tenggara Barat dengan skala intensitas II-III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut, katanya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Ia kemudian meminta warga memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg, demikian Bambang Setiyo Prayitno. (Antara)

Baca Juga: Peringatan Dini dari BMKG, Perairan Selatan Jateng Berpotensi Terjadi Gelombang Tinggi


https://www.suara.com/news/2022/06/24/000000/bmkg-sebut-gempa-magnitudo-51-di-laut-banda-tidak-berpotensi-tsunami-warga-maluku-diminta-tetap-tenang

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/24/000000/bmkg-sebut-gempa-magnitudo-51-di-laut-banda-tidak-berpotensi-tsunami-warga-maluku-diminta-tetap-tenang
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bambang Setiyo Prayitno,
companies ADA, Instagram, Telegram, Twitter,
ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, MALUKU, SULAWESI BARAT, SULAWESI SELATAN,
cities Mamuju,