Mahfud MD Ajak TNI Jaga dan Tegakkan HAM

  • 23 Juni 2022 21:46:51
  • Views: 16

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, memberikan arahan di depan sekitar 900 peserta apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD, di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022).

Kepada para pimpinan satuan dari Komandan Batalyon, Komandan Kodim, sampai para Pangkotama (Panglima Komando Utama) Angkatan Darat itu, Menko Polhukam meminta terus menjaga penegakan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). Apalagi, Indonesia sudah sejak 2020 tidak lagi menjadi sorotan di PBB sebagai negara yang bermasalah soal HAM.

“Mari kita jaga dan tegakkan HAM. Kita pertahankan penilaian baik ini. Kita hindari agar TNI jangan sampai secara terstruktur atau sengaja melakukan kejahatan kemanusiaan. Saudara-saudara semua sudah memiliki Protap-nya, dalam melakukan berbagai tindakan, sehingga bisa dihindarkan terjadinya pelanggaran HAM, apalagi pelanggaran HAM berat, ujar Menko Mahfud kepada para Dansat dari seluruh Indonesia serta penugasan luar negeri ini.

Menko memaparkan, dirinya baru saja kembali dari sidang Dewan HAM PBB. Di mata PBB Indonesia tidak memiliki catatan buruk soal HAM dalam 3 tahun terakhir. Penilaian itu, Mahfud melanjutkan, juga disampaikan komisioner Komisi Tinggi HAM PBB di Jenewa, saat menerima Menko Polhukam dan delegasi dari Indonesia.

Dalam pengarahan yang juga dihadiri KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman ini, Mahfud juga mengapresiasi TNI yang dalam 7 tahun terakhir, terus menerus menjadi lembaga yang paling dipercaya publik berdasarkan survei oleh sejumlah lembaga kredibel.

“Saya ucapkan selamat sekaligus terima kasih karena berdasarkan survei lembaga kredibel. TNI adalah lembaga yang paling dipercaya publik dibandingkan lembaga-lembaga lain di Indonesia, tutur Mahfud, dalam siaran pers.

“Karena itu, harus menjadi atensi kita, khususnya TNI Angkatan Darat, agar mampu menyikapi dengan bijak berbagai perkembangan situasi dan kondisi nasional, regional, dan global yang berdampak pada stabilitas dan situasi keamanan Indonesia, terutama masa persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2024, ujarnya.

Ia berharap, TNI AD berhati-hati dan antisipatif atas upaya destruktif yang tidak sedikit pengikutnya. “Agar dicermati dan diantisipasi sejak sekarang, potensi gangguan gerakan-gerakan yang memicu keributan pada moment-moment penting, seperti sejumlah agenda politik dan ekonomi yang akan kita hadapi dalam waktu dekat ini, tuturnya.

Pada akhir arahannya, Mahfud berharap TNI menjadi teladan masyarakat dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural, serta mengatasi kesulitan rakyat di sekeliling dengan tugas-tugas operasi militer selain perang.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/23/337/2617132/mahfud-md-ajak-tni-jaga-dan-tegakkan-ham?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/23/337/2617132/mahfud-md-ajak-tni-jaga-dan-tegakkan-ham?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mahfud MD,
ministries TNI, TNI AD,
parties PBB,
topics Pelanggaran HAM, Pemilu 2024, Pemulihan Ekonomi Nasional,
products Operasi Militer Selain Perang,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Magelang,
cases HAM,