Rupiah Sentuh Rp 14.800, Sri Mulyani Bilang Negara Lain Melemah Lebih Dalam

  • 23 Juni 2022 19:06:58
  • Views: 12

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kementerian Keuangan menyatakan, Indonesia harus mewaspadai perkembangan  pasar keuangan karena sekarang risiko bergeser dengan adanya inflasi, kenaikan suku bunga dan pengetatan likuiditas

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dengan itu, maka risiko di sektor keuangan menjadi meningkat, termasuk dari sisi nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang lainnya. 

Termasuk Indonesia yang dalam hal ini juga mengalami depresiasi. Depresiasi di Indonesia yang bahkan mencapai Rp 14.800 (per dolar AS) itu masih lebih baik, ujarnya dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (23/6/2022). 

Sementara, dirinya mencatat pelemahan mata uang di negara-negara lain lebih dalam yakni Filipina di 6,4 persen, India 5 persen, Malaysia 5,5 persen, Thailand 6,3 persen, dan Turki di 30 persen. 

Untuk Turki, mereka mengalami penurunan dari mata uang lokalnya, kata Sri Mulyani. 

Baca juga: Rupiah Menguat Tipis Usai Bank Indonesia Tahan Suku Bunga Acuan

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut mengingatkan bahwa pengetatan kebijakan moneter Bank Sentral AS atau The Fed melalui kenaikan suku bunga dipastikan belum selesai. 

Baca juga: Kurs Rupiah Masih Melemah di Atas Rp 14.800, Tertekan Sentimen Kenaikan Suku Bunga The Fed

Ini akan menjadi satu tren yang harus kita waspadai karena hasil rapat The Fed itu kebijakannya akan cenderung makin ketat. Jadi, ini belum merupakan penyesuaian (suku bunga) yang terakhir, pungkasnya.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/23/rupiah-sentuh-rp-14800-sri-mulyani-bilang-negara-lain-melemah-lebih-dalam

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/23/rupiah-sentuh-rp-14800-sri-mulyani-bilang-negara-lain-melemah-lebih-dalam
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies YouTube,
ministries BI, Kementerian Keuangan,
ngos World Bank,
topics APBN,
products dolar AS,
nations Amerika Serikat, Filipina, India, Indonesia, Malaysia, Thailand, Turki,
places DKI Jakarta, rupiah,