Jamin Keamanan Jokowi Saat di Ukraina dan Rusia, Paspampres: Kiev Jauh dari Ledakan

  • 23 Juni 2022 14:49:20
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjamin keamanan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berkunjung Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia. Menurutnya, jarak kota tujuan Jokowi jauh dari zona perang.

Sementara aman, karena kalau kami melihat sampai di Donetsk kurang lebih dari Kiev itu kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan itu adalah 380 km dari Kiev, itu yang sudah kita antisipasi, kata Budi saat dihubungi, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Sementara mereka masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja, jadi alhamdulillah masih jauh lah dari Kiev, sambungnya.

Budi percaya diri terhadap keamanan kepala negara di daerah perang itu. Dia menyatakan bahwa, Paspampres berasal dari satuan-satuan khusus yang sudah terlatih dan siap mengamankan Presiden Jokowi.

Semuanya dari Paspampres. Paspampres kan punya ada tim penyelamatan sendiri, ada timnya sendiri. Jadi sebelum kereta api jalan 3 jam sebelumnya kita sudah punya deteksi, ada tim deteksi yang sudah kita siapkan dari awal, tutur Budi.

Dan Paspampres ini banyak terdiri dari pasukan-pasukan khusus juga, sehingga Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir, karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas. Alhamdulillah kita percaya diri, sambungnya.

Budi menambahkan, beberapa pekan lalu hingga sekarang, Paspampres terus berlatih. Latihan itu berupa antisipasi kejadian dan strategi penyelamatan.

Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng-escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya, pungkasnya.

Presiden Jokowi dilaporkan bakal mendatangi Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada minggu depan. Kabar ini diutarakan langsung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi saat konferensi pers virtual, Kami...


https://www.liputan6.com/news/read/4993791/jamin-keamanan-jokowi-saat-di-ukraina-dan-rusia-paspampres-kiev-jauh-dari-ledakan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4993791/jamin-keamanan-jokowi-saat-di-ukraina-dan-rusia-paspampres-kiev-jauh-dari-ledakan
Tokoh











Graph

Extracted

persons joko widodo, Retno Lestari Priansari Marsudi, Tri Budi Utomo, Vladimir Putin, Volodymyr Zelensky,
companies ADA,
ministries Kopassus, TNI,
organizations API,
institutions Paspampres,
nations Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cities Moskow,