Hyundai Ioniq 5 Berhasil Jajal Rute Jakarta Cikole Pulang Pergi Tanpa Mengisi Baterai

  • 23 Juni 2022 13:05:57
  • Views: 15

Liputan6.com, Jakarta - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Recharge Your Life with Hyundai Ioniq 5'  dengan rute Jakarta - Bandung - Cikole lalu kembali ke Jakarta lagi tanpa melakukan pengisian baterai.

Sebelum melaksanakan perjalanan berjarak sekitar 160 km menuju glamour camping di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat, peserta terlebih dahulu diberikan pembekalan terkait aturan tata tertib berkendara untuk perjalanan jauh.

Liputan6.com mendapatkan unit tes Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range dengan klaim jarak tempuh mencapai 451 km. Sekedar informasi, unit yang diuji merupakan varian tertinggi dengan banderol Rp829 juta (OTR Jakarta).

Pertama kali masuk ke dalam kabin, Ioniq 5 menawarkan nuansa kabin yang futuristis, seakan-akan seperti mengendarai mobil konsep. Tak ada suara saat mobil dinyalakan, karena Ioniq 5 merupakan mobil listrik sepenuhnya.  

Sensasi pertama yang dirasakan saat menginjak pedal akselerator adalah mobil melaju tanpa ada raungan mesin. Perlu sedikit adaptasi untuk menyesuaikan dengan karakter akselerasi mobil listrik, terlebih lagi Ioniq 5 dilengkapi dengan regenerative braking (pengereman untuk mengisi baterai) yang terbagi dalam beberapa tingkatan, yaitu nol hingga tiga.

Tingkatan regenerative braking diatur melalui paddle shift yang terletak di balik lingkar kemudi. Paddle shift di sebelah kiri disematkan logo plus, yang artinya meningkatkan level regenerative braking. Semakin tinggi levelnya, maka  deselerasi semakin kuat. Paddle shift di sebelah kanan berlogo minus berfungsi untuk menurunkan tingkat regenerative braking, sehingga deselerasi tak akan sekuat sebelumnya. 

Satu fitur yang bisa diakses melalui paddle shift kiri adalah i-Pedal. i-Pedal memungkinkan mengoperasikan mobil dengan pedal akselerator saja. Mobil bisa berhenti sempurna saat pedal akselerator dilepas. Mode ini cukup membantu saat kondisi stop and go, sehingga tak perlu menginjak pedal rem saat melaju sedikit lalu berhenti kembali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Mobil Listrik Hyundai Ioniq


https://www.liputan6.com/otomotif/read/4991503/hyundai-ioniq-5-berhasil-jajal-rute-jakarta-cikole-pulang-pergi-tanpa-mengisi-baterai
 

Sumber: https://www.liputan6.com/otomotif/read/4991503/hyundai-ioniq-5-berhasil-jajal-rute-jakarta-cikole-pulang-pergi-tanpa-mengisi-baterai
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
topics Listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung,
transportations mobil listrik,
brands Hyundai,