Ekonomi Sri Lanka Bangkrut, IMF Diminta Jadi Pahlawan

  • 23 Juni 2022 11:06:19
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe menyalahkan pemerintah sebelumnya, karena gagal bertindak tepat waktu ketika cadangan devisa Sri Lanka menyusut.

Krisis mata uang asing telah menghambat impor, menciptakan kelangkaan parah yang juga mencakup obat-obatan, dan memaksa orang untuk mengantre panjang untuk mendapatkan kebutuhan dasar.

“Jika langkah-langkah setidaknya telah diambil untuk memperlambat keruntuhan ekonomi di awal, kita tidak akan menghadapi situasi sulit hari ini. Tetapi, kami kehilangan kesempatan ini, kami sekarang melihat tanda-tanda kemungkinan jatuh ke titik terendah, kata Wickremesinghe, melansir abcnews.go.com, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Sri Lanka Bangkrut, Cerita Warga Kelas Menengah Dulu Bisa Nongkrong di Mall, Kini Makan pun Susah

Sejauh ini, Sri Lanka telah mengalami kesulitan, terutama oleh kredit senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dari negara tetangga India.

Namun, Wickremesinghe menjelaskan, India tidak akan mampu mempertahankan Sri Lanka untuk bertahan lama, ditambah juga dirinya telah menerima janji sebesar 300 juta dolar AS hingga 600 juta dolar AS dari Bank Dunia untuk membeli obat-obatan dan barang-barang penting lainnya.

Adapun sebelumnya, Sri Lanka telah mengumumkan bahwa mereka menangguhkan pembayaran utang luar negeri sebesar 7 miliar dolar AS yang jatuh tempo tahun ini, sambil menunggu hasil negosiasi dengan International Monetary Fund (IMF) mengenai paket penyelamatan.

Baca juga: Sri Lanka Bangkrut, PM Ranil Wickremesinghe: Negara Jatuh ke Titik Terendah

Selanjutnya, Wickremesinghe menambahkan, bantuan IMF tampaknya menjadi satu-satunya pilihan negara itu sekarang.

Pejabat dari IMF tersebut mengunjungi Sri Lanka untuk membahas gagasan tersebut, dengan kesepakatan tingkat staf kemungkinan akan dicapai pada akhir Juli.

“Kami telah menyelesaikan diskusi awal, dan kami telah bertukar pikiran di berbagai sektor, pungkas Wickremesinghe.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/23/ekonomi-sri-lanka-bangkrut-imf-diminta-jadi-pahlawan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/23/ekonomi-sri-lanka-bangkrut-imf-diminta-jadi-pahlawan
Tokoh

Graph

Extracted

companies YouTube,
ngos World Bank,
products dolar AS,
nations Amerika Serikat, India, Sri Lanka,
places DKI Jakarta,