Kiat XL Axiata Tangani Kabel Laut Putus agar Tak Ganggu Layanan

  • 23 Juni 2022 09:10:17
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata kini memiliki kabel laut dengan total panjang 113.000 Km untuk mendukung konektivitas data yang kian meningkat tiap tahunnya.

Meski kabel laut merupakan pilihan terbaik untuk transport kapasitas bandwidth besar, infrastruktur ini acapkali mengalami gangguan berupa putus kabel.

Para pengguna internet pun bisa sangat kesulitan akibat putusnya kabel laut. Perusahaan pun memiliki cara untuk mengantisipasi gangguan yang terjadi pada kabel laut mereka, yakni dengan memiliki tiga Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Indonesia dengan sejumlah negara. 

Terbaru, XL Axiata mengumumkan penarikan Sistem Komunikasi Kabel Laut Echo yang merupakan kerja sama dengan Meta dan Google. Kabel laut ini menghubungkan langsung Indonesia dan California AS serta Singapura.

Terlepas dari itu, XL Axiata juga telah memiliki SKKL Australia-Indonesia-Singapura yang telah beroperasi sejak Oktober 2018. Baru-baru ini pun XL Axiata mengumumkan operasional SKKL Batam-Sarawak yang beroperasi Juni 2022.

Direktur Teknologi XL Axiata I Gede Darmayusa mengakui, operator-operator telekomunikasi pernah mengalami pemadaman (gangguan) akses internet karena Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL).

Banyak operator pernah mengalami blackout gara-gara submarine cable. Misalnya akses ke Singapura atau Kalimantan (terputus) itu bisa blackout (akses internet padam), kata Gede, ditemui di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Adapun gangguan yang terjadi pada kabel laut, bisa disebabkan karena terkena jangkar kapal hingga aktivitas bawah laut. Meski memiliki risiko-risiko di atas, Gede mengatakan, di negara kepulauan seperti Indonesia, infrastruktur kabel laut adalah yang paling aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Bila anda pengguna internet yang menaruh data di cloud, mungkin data itu tersimpan di sebuah kawasan permukiman dekat Ibukota AS. Mayoritas lalulintas internet dunia melewati kota Ashburn yang adalah salah satu pusat data terbesar di dunia. Berikut l...


https://www.liputan6.com/tekno/read/4993216/kiat-xl-axiata-tangani-kabel-laut-putus-agar-tak-ganggu-layanan

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4993216/kiat-xl-axiata-tangani-kabel-laut-putus-agar-tak-ganggu-layanan
Tokoh



Graph