IEA Minta Eropa Bersiap Hadapi Kemungkinan Pemotogan Gas Rusia Sepenuhnya

  • 23 Juni 2022 08:58:33
  • Views: 15

Supianto | Kamis, 23/06/2022 07:25 WIB

IEA

Fasilitas penyimpanan gas perusahaan Chernomorneftegaz di distrik Chernomorsky Krimea pada tahun 2014 (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com – Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan, Rusia kemungkinanan akan menghentikan pasokan gas ke Eropa sepenuhnya untuk meningkatkan pengaruh politiknya selama krisis Ukraina. Karena itu, Eropa perlu bersiap.

Saya tidak akan mengesampingkan Rusia terus menemukan masalah yang berbeda di sana-sini dan terus mencari alasan untuk mengurangi pengiriman gas ke Eropa - dan bahkan mungkin menghentikannya sepenuhnya, kata Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu kepada kantor berita Reuters.

Inilah alasan mengapa Eropa membutuhkan rencana darurat, tambah Birol, mengatakan pengurangan arus baru-baru ini mungkin merupakan upaya untuk mendapatkan pengaruh politik menjelang bulan-bulan musim dingin dengan permintaan yang lebih tinggi.

IEA tidak melihat penghentian penuh sebagai skenario yang paling mungkin, tambahnya.

Uni Eropa telah memberikan sanksi kepada minyak dan batu bara Rusia, tetapi telah menahan diri dari pelarangan impor gas karena ketergantungannya yang besar pada pasokan dari Moskow.

Dalam hal total investasi energi untuk 2022, IEA mengatakan dalam sebuah laporan bahwa $2,4 triliun akan diinvestasikan di sektor ini tahun ini, termasuk rekor pengeluaran untuk energi terbarukan. Tetapi ia menambahkan, tidak berhasil mengatasi kesenjangan pasokan dan mengatasi perubahan iklim.

Naik 8 persen dari tahun sebelumnya, ketika pandemi lebih parah, investasi tersebut mencakup peningkatan besar di sektor kelistrikan dan upaya untuk meningkatkan efisiensi energi, katanya dalam laporan investasi tahunan yang diterbitkan pada Rabu.

Ia mengatakan, investasi dalam minyak dan gas, selain menghambat upaya untuk mencapai tujuan iklim, tidak dapat memenuhi permintaan yang meningkat jika sistem energi tidak dilengkapi kembali dengan teknologi yang lebih bersih.

Pengeluaran minyak dan gas hari ini terjebak di antara dua visi masa depan: terlalu tinggi untuk jalur yang selaras dengan membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat C – tetapi tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang meningkat dalam skenario di mana pemerintah tetap berpegang pada pengaturan kebijakan saat ini dan gagal memenuhi janji iklim mereka, kata badan tersebut.

Sementara itu, seorang pejabat di Uni Eropa mengatakan badan tersebut untuk sementara akan beralih kembali ke batu bara untuk mengatasi aliran gas Rusia yang semakin berkurang tanpa menggagalkan tujuan iklim jangka panjang.

Para pemimpin Eropa telah mendekati Rusia karena aliran melalui pipa Nord Stream 1 dipotong menjadi hanya 40 persen dari kapasitas.

Jerman, Italia, dan Belanda telah mengisyaratkan pembangkit listrik tenaga batu bara dapat menutup kesenjangan pasokan, bahkan ketika Jerman bersiap menjadi tuan rumah KTT Kelompok Tujuh setelah menegaskan kembali komitmen untuk tujuan perubahan iklim yang ambisius.

Eropa untuk sementara akan mengejar alternatif bahan bakar fosil untuk gas Rusia sehubungan dengan tindakan Presiden Vladimir Putin, kata seorang pejabat senior Komisi Eropa.

Invasi yang melanggar hukum oleh Rusia ke Ukraina telah mengakibatkan situasi darurat di Uni Eropa,  Elina Bardram, penjabat direktur untuk Urusan Internasional dan Keuangan Iklim di Komisi Eropa, mengatakan kepada Forum Energi Afrika di Brussels.

Dengan langkah-langkah yang sangat jahat yang kami amati dari pemerintahan Putin dalam hal Gazprom menurunkan aliran dengan sangat tiba-tiba, kami melakukan beberapa tindakan yang sangat penting, tetapi semua tindakan itu bersifat sementara, tambahnya.

Langkah-langkah itu akan dihapus sesegera mungkin karena Uni Eropa bertekad untuk tetap pada tujuan iklimnya, katanya.

Target Uni Eropa 2030 dan 2050 tetap sepenuhnya utuh … sementara kami dapat meningkatkan penggunaan batu bara untuk sementara, arah jangka panjangnya jelas, tambah Bardram, yang memimpin delegasi Komisi Eropa ke pembicaraan Iklim Paris 2015.

Sumber: Aljazeera

TAGS : Badan Energi Internasiona Pasokan Gas Rusia Uni Eropa Ukraina

https://www.jurnas.com/artikel/119319/IEA-Minta-Eropa-Bersiap-Hadapi-Kemungkinan-Pemotogan-Gas-Rusia-Sepenuhnya/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/119319/IEA-Minta-Eropa-Bersiap-Hadapi-Kemungkinan-Pemotogan-Gas-Rusia-Sepenuhnya/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Vladimir Putin,
companies Reuters,
topics Listrik,
products Batu Bara,
nations Belanda, Italia, Jerman, Rusia, Ukraina, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,
cities Moskow, Paris,