BNPT Sebut Wilayah Cirebon Rawan Terorisme

  • 23 Juni 2022 07:19:29
  • Views: 7

MerahPutih.com - Wilayah Cirebon, Jawa Barat, termasuk rawan terorisme sehingga perlu ada penguatan kapasitas dan kompetensi personel TNI/Polri serta instansi terkait. Hal itu disampaikan Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Polisi Wawan Ridwan.

Cirebon sebuah kota tua di Indonesia yang masyarakatnya memiliki kerukunan dan toleransi luar biasa. Namun faktanya aksi terorisme pernah terjadi, ucapnya di Cirebon, Rabu (22/6)

Baca Juga

Temuan Bahan Peledak di Asia Afrika Bandung Belum Dipastikan Terkait Terorisme

Wawan melanjutkan, wilayah Cirebon yang terdiri atas Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, merupakan daerah yang rawan akan tindak terorisme.

Hal itu terbukti dari beberapa aksi teror dan penangkapan terduga teroris di Cirebon. Bahkan, tahun 2017 ada penangkapan terduga teroris berinisial IM setelah berencana melakukan penyerangan terhadap Presiden Joko Widodo di Bandara Cakrabhuwana Cirebon.

Oleh karena itu, kata Wawan, BNPT mengadakan kegiatan penguatan kapasitas dan kompetensi personel TNI/Polri dan instansi terkait guna mendukung penanggulangan terorisme di wilayah Cirebon.

Menyadari potensi ancaman dan tantangan pada masa akan datang, BNPT merespons dengan penguatan kapasitas dan kompetensi kepada TNI/Polri dan instansi terkait, katanya

Baca Juga

BNPT Usulkan Standar Keadilan Internasional Bagi Anak Korban Terorisme

Wawan menambahkan berdasarkan UU Nomor 5/2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, BNPT lebih khusus sebagai koordinator pencegahan dan penanggulangan terorisme.

Besar harapan kami semoga melalui kegiatan ini bisa memberikan pemahaman terkait tren ancaman terorisme sehingga meningkat sinergi, wawasan, dan strateginya dalam penanggulangan terorisme, pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menyatakan, pihaknya perlu mengembangkan program masyarakat sebagai informan upaya antisipasi dan penanggulangan terorisme.

Azis minta perangkat daerah terkait, seperti Kesbangpol, membangun jaringan agar masyarakat menjadi intelijen pemerintah. Bisa memberi informasi kepada pemerintah apabila ada hal yang dicurigai dan perlu ditangani.

Karena semua persoalan ada di lingkungan masyarakat. Jadi, perlu peran aktif masyarakat. Misalnya menjadi sumber informasi untuk pemerintah, khususnya terkait penanggulangan terorisme, tutur Azis. (*)

Baca Juga

Polri Ungkap Modus Pencarian Dana Terorisme, dari Sumbangan Kemanusiaan hingga Pinjol


https://merahputih.com/post/read/bnpt-sebut-wilayah-cirebon-rawan-terorisme

Sumber: https://merahputih.com/post/read/bnpt-sebut-wilayah-cirebon-rawan-terorisme
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA, Dana,
ministries BNPT, Polisi, TNI,
products Pinjol,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities bandung, Cirebon, Indramayu,
cases teror, Teroris,