KPK Dan ACC MALADEWA Jajaki Kerja Sama Pemberantasan Korupsi

  • 22 Juni 2022 20:10:04
  • Views: 5

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Anti-Corruption Commission (ACC) Maladewa melakukan penjajakan kerja sama dalam pemberantasan korupsi, baik di sektor pencegahan maupun penindakan. Hal ini disampaikan kedua belah pihak saat melakukan virtual courtesy call, di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (22/6).

Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Siregar dalam sambutannya menyampaikan, penjajakan kerja sama ini mencakup peningkatan kapasitas kelembagaan maupun SDM, pertukaran informasi praktik baik, pertukaran ahli, serta bidang-bidang lainnya.

Untuk kepentingan penegakan hukum kita juga dapat bekerja sama dalam hal pertukaran data dan informasi, pencarian orang, pencarian dan pengembalian asset, ekstradisi, penyidikan bersama, dan lain-lain, kata Lili.

Diingatkan Lili, tindak pidana korupsi merupakan kejahatan lintas yurisdiksi yang mendorong pentingnya kerja sama internasional antar-lembaga antikorupsi di dunia.

Berita Terkait : Gus Halim: Data Desa Jadi Kunci Percepatan Pembangunan Desa

Apalagi, pelaku korupsi merupakan orang-orang pintar dan punya kuasa, sehingga korupsi disebut sebagai extra-ordinary crime, yang membutuhkan penanganan dengan cara-cara luar biasa.

Dengan adanya kerja sama antara KPK dan ACC Maladewa diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat komitmen internasional dalam pemberantasan korupsi, harap mantan Wakil Ketua LPSK itu.

Sementara itu, Presiden ACC Maladewa Abdul Shamil mengapresiasi pertemuan ini. Pihaknya akan menyusun suatu komite di tingkat teknis agar diskusi dan pertukaran informasi dapat dicapai secara efektif.

Bersama kita nantinya akan menyepakati MoU dan diuraikan kerja samanya secara teknis dengan poin utama yakni memerangi korupsi. Uraian tersebut khususnya mengenai kepakaran teknis dan juga terkait bagaimana kita bisa belajar satu sama lain seperti pengalaman penanganan perkara di masa lalu, keberhasilan atau capaian-capaian kinerja masing-masing lembaga, ujar Abdul Shamil.

Berita Terkait : Indonesia - Rusia Jalin Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Mochamad Hadiyana, Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) Kartika Handaruningrum, dan sejumlah pejabat struktural lainnya.

Sementara dari pihak ACC Maladewa turut hadir yakni Wakil Presiden ACC Maladewa Abdul Salaam, anggota komisioner ACC Maladewa beserta jajaran stafnya.

Penjajakan kerja sama ini selaras dengan semangat Anti-Corruption Working Group (ACWG) pada Presidensi G20. Dalam forum itu, KPK sebagai Chair mengusulkan 4 isu prioritas.

Keempatnya yakni peningkatan peran audit dalam pemberantasan korupsi dan partisipasi publik dan pendidikan antikorupsi.

Berita Terkait : BNPT Dan Al-Azhar Mesir Perkuat Kerja Sama Kenalkan Islam Moderat

Kemudian, pencegahan dan kerangka regulasi profesi hukum untuk mitigasi risiko pencucian uang dengan tindak pidana asal korupsi, serta pemberantasan korupsi pada energi terbarukan.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/government-action/129562/kpk-dan-acc-maladewa-jajaki-kerja-sama-pemberantasan-korupsi
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/government-action/129562/kpk-dan-acc-maladewa-jajaki-kerja-sama-pemberantasan-korupsi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Halim Iskandar,
ministries BNPT, KPK, LPSK,
religions Islam,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
nations Indonesia, Maladewa, Mesir, Rusia,
cases korupsi, Tipikor,