Buat Apa XL Axiata Perlu Kabel Laut Echo?

  • 22 Juni 2022 17:10:15
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata turut menggelar sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Echo bersama Google dan Meta. Kabel laut Echo ini menghubungkan Singapura-Indonesia-California, AS secara langsung dengan panjang kurang lebih 15.000 Km.

Kabel fiber optik ini melintas dari California melewati Samudera Pasifik, dan langsung ditarik ke Indonesia. Selanjutnya, kabel laut Echo akan ditarik ke Singapura.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengungkap alasan perusahaan ikut serta dalam proyek SKKL Echo yang diinisiasi oleh perusahaan AS Meta dan Google ini.

Menurut Gede, pertumbuhan pengguna dan akses internet di Indonesia yang cepat menjadi salah satu alasan XL Axiata ikut dalam proyek kolaborasi Meta dan Google.

Di XL Axiata sendiri, pertumbuhan internet meningkat 40 persen tiap tahunnya. Di mana, ada banyak konten-konten layanan over the top (OTT) dari luar negeri yang menjadi tren dan harus diikuti.

Selain itu, alasan perlunya XL Axiata berpartisipasi dalam proyel Sistem Komunikasi Kabel Laut Echo adalah perlunya resiliensi atau backup, jika sambungan SKKL yang sudah ada ke Singapura atau luar negeri mengalami masalah.

Sekadar informasi, saat ini XL Axiata memiliki SKKL Australia-Indonesia-Singapura yang menghubungkan internet Indonesia ke Singapura. Gede mengatakan, kabel laut ini perlu dibackup jika mengalami gangguan, dengan begitu, layanan internet tidak benar-benar padam ketika kabel laut mengalami gangguan atau putus akibat beberapa hal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sejumlah daerah alami gangguan jaringan internet Telkom sejak Minggu (19/9/2021). Diakibatkan oleh gangguan sistem komunikasi kabel bawah laut JaSuKa di Batam-Pontianak. Pihak PT Telkom Indonesia (Persero) bakal memberi kompensasi sesuai kontrak pela...


https://www.liputan6.com/tekno/read/4993049/buat-apa-xl-axiata-perlu-kabel-laut-echo

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4993049/buat-apa-xl-axiata-perlu-kabel-laut-echo
Tokoh



Graph