Sidak Pasar Klender, Mendag Klaim Intervensi Pemerintah Mulai Turunkan Harga Cabai

  • 22 Juni 2022 15:18:56
  • Views: 13

MerahPutih.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6).

Selain mengecek harga pangan terkini, Menteri Perdagangan yang akrab disapa Zulhas juga memborong dagangan para penjual. Zulhas membeli ayam, tempe, cabai, kue jajanan pasar, hingga daging sapi.

Zulhas memborong lima ekor ayam yang dijual seharga Rp 38 ribu per ekor. Selain itu, Zulhas juga membeli 1 kg cabai merah keriting seharga Rp 90 ribu, 1 kg cabai rawit merah Rp 120 ribu, dan 1 kg tomat Rp 20 ribu.

Baca Juga:

Harga Cabai Mahal, Politikus PSI Sarankan Warga Jakarta Tanam Sendiri

Mendag juga memborong kue jajanan pasar untuk awak media yang meliput, tempe, dan 2 kg daging sapi seharga Rp 150 ribu per kg. Mendag Zulhas bahkan melebihkan uang belanja dari harga yang seharusnya dibayar.

Kue semuanya berapa? Rp 60 ribu? Ini saya tawar Rp 200 ribu saja ya, kata Zulhas membayar kue jajanan pasar seharga Rp 60 ribu dengan uang tunai Rp 200 ribu, dikutip Antara.

Baca Juga:

Harga Cabai Rawit di Pasar Tradisional Solo Tembus Rp 90.000 Per Kilogram

Zulhas mengatakan, saat ini harga cabai keriting merah mulai turun dari yang sebelumnya Rp 120 per kg menjadi Rp 90 ribu per kg. Hal itu dikarenakan intervensi yang dilakukan pemerintah dengan mendistribusikan cabai dari luar Pulau Jawa ke Jakarta.

Mendag juga berbincang dengan pedagang daging yang mengeluhkan omzet penjualannya menurun dikarenakan naiknya berbagai komoditas pangan.

Penjualan menurun, karena harga-harga pada naik, orang jadi enggak beli daging dulu, kata salah satu pedagang daging di Pasar Klender, Ruyat. (*)

Baca Juga:

Mantapnya Berbuka Puasa dengan Mi Instan Cup Rasa Bakso Cabai Rawit


https://merahputih.com/post/read/sidak-pasar-klender-mendag-klaim-intervensi-pemerintah-mulai-turunkan-harga-cabai

Sumber: https://merahputih.com/post/read/sidak-pasar-klender-mendag-klaim-intervensi-pemerintah-mulai-turunkan-harga-cabai
Tokoh



Graph

Extracted

persons Zulkifli Hasan,
ministries Kemendag,
parties PSI,
products daging,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Klender, Solo,
animals Ayam, Sapi,
plants Cabai, Tomat,