Disebut Berhasil oleh Jokowi, Kartu Prakerja Perlu Menyesuaikan Kebutuhan Tenaga Kerja

  • 22 Juni 2022 15:06:40
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menanggapi pujian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terkait program Kartu Prakerja.

Jokowi menyebutkan, kartu prakerja merupakan salah satu program yang berhasil.

Yusuf menerangkan, jika bicara konteks pandemi, maka klaim Jokowi tersebut beralasan.

Kartu prakerja berhasil menjadi salah satu program pemerintah yang bisa menjadi bantalan, sementara bagi kelompok masyarakat yang terdampak dari pandemi untuk bisa survive dalam melewati pandemi 2 tahun terakhir.

Baca juga: CEK LOLOS atau Tidak Kartu Prakerja Gelombang 33, Login www.prakerja.go.id atau Lewat SMS

Program ini setidaknya memberikan insentif bagi mereka yang membutuhkan agar mereka bisa terjaga daya belinya di tengah penurunan aktivitas perekonomian selama pandemi, katanya, Rabu (22/6/2022).

Di sisi lain Kartu Prakerja juga menjadi semacam bantuan bagi pihak yang ingin membuka usaha sementara.

Beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga, baik lembaga pemerintah maupun lembaga penelitian, menunjukkan ada dampak positif yang diberikan oleh program kartu prakerja, terutama sekali lagi untuk menjaga daya beli mereka sementara.

Namun demikian, jangan dilupakan bahwa program Kartu Prakerja pada dasarnya diperuntukkan untuk meningkatkan skill para pekerja untuk bisa masuk ke lapangan kerja utama, paparnya.

Hal yang menjadi persoalan, kata Yusuf, tidak semua pelatihan yang didapatkan peserta sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia saat ini.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/22/disebut-berhasil-oleh-jokowi-kartu-prakerja-perlu-menyesuaikan-kebutuhan-tenaga-kerja

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/22/disebut-berhasil-oleh-jokowi-kartu-prakerja-perlu-menyesuaikan-kebutuhan-tenaga-kerja
Tokoh







Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto, joko widodo, Yusuf Rendy Manilet,
companies ADA, YouTube,
ngos CORE,
topics Kartu Prakerja, Prakerja,
products Kartu Pra Kerja,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,