Wabah PMK Jelang Idul Adha, Wapres: Sudah Diantisipasi dengan Vaksinasi

  • 22 Juni 2022 14:46:51
  • Views: 7

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan pemerintah telah melakukan antisipasi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Wapres mengatakan saat ini telah dilakukan vaksinasi pada hewan. Mengingat beberapa minggu lagi sudah memasuki Hari Raya Idul Adha atau kurban bagi umat Islam.

“Ya kalau PMK itu memang sudah diantisipasi oleh pemerintah dengan melakukan vaksinasi, tegas Wapres di sela meresmikan kampus Pusiba di Jl. Kiyai H. Noer Ali (Al-Makmur) No. 1 Ujung Harapan Bahagia, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, Wapres mengatakan para hewan juga akan dipisahkan dari yang sehat dan terkena PMK ini. “Dan kemudian juga mencegah dan pemindahan atau memindahkan hewan yang terjangkit ke tempat yang baik, katanya.

Wapres pun menegaskan hewan kurban harus benar-benar sehat. Dan harus sesuai dengan kriteria yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.

“Jadi jangan sampai itu nanti kan sesuai juga saat ini kita akan Idul Kurban, ini ada kriteria-kriteria yang sesuai dengan dikeluarkan MUI kalau yang ringan masih boleh kalau yang berat tidak boleh, tegasnya.

Wapres mengatakan pemerintah saat ini sedang mendatangkan vaksin untuk tangani wabah ini. “Pemerintah sekarang justru mengimpor lagi vaksin, jelasnya.

“Jadi meminta kepada tempat pemotongan-pemotongan dan pemasaran supaya mengawasi jangan sampai ada yang sakit dan kemudian dijual di pasar, ini diawasi. Dari hasil laporan bahwa terus banyak yang sudah disembuhkan, papar Wapres.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/22/337/2616071/wabah-pmk-jelang-idul-adha-wapres-sudah-diantisipasi-dengan-vaksinasi?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/22/337/2616071/wabah-pmk-jelang-idul-adha-wapres-sudah-diantisipasi-dengan-vaksinasi?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
institutions MUI,
religions Islam,
events Idul Adha 1441 Hijriah, vaksinasi,
products Hewan kurban, vaksin,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi,