Negara G20 Bentuk Dana Darurat Penanganan Pandemi, Indonesia Donasi Rp 741,82 Miliar

  • 22 Juni 2022 10:58:54
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia mendonasikan dana sebesar USD 50 juta atau setara Rp 741,82 miliar untuk pembentukan Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF).

Lembaga ini dibentuk dalam pertemuan Menteri Kesehatan dan Menteri Keuangan negara anggota G20. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam pertemuan tersebut telah terkumpul dana sebesar USD 1,1 miliar yang akan digunakan untuk Kesiapsiagaan, Pencegahan, dan Penanggulangan Pandemi (PPR).

Komitmen kontribusi sejumlah hampir USD 1,1 miliar telah diamankan untuk FIF guna pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Angka tersebut sudah termasuk kontribusi sebesar USD 50 juta dari Indonesia, kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Yogyakarta, Selasa (21/6) malam.

Sri Mulyani menjelaskan dalam pertemuan tersebut para menteri keuangan dan menteri kesehatan merancang pembentukan FIF sebagai lembaga yang menyiapkan pendanaan untuk mengantisipasi kondisi darurat pandemi. Para menteri sepakat untuk merancang mekanisme baru pembiayaan multilateral baru yang didedikasikan untuk mengatasi kesenjangan pembiayaan PPR pandemi.

Mereka menyambut baik kesepakatan dana FIF ditempatkan di Bank Dunia selaku Wali Amanat dan akan terus membahas tata kelola dan pengaturan operasional FIF menjelang rencana pengumuman formal pembentukannya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) para Pemimpin G20 pada bulan November 2022 mendatang.

 

Pemerintah melonggarkan sejumlah aturan terkait COVID-19. Disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 17 Mei 2022 sore, ada dua aturan yang dilonggarkan, salah satunya mengenai penggunaan masker. Dalam konferensi pers yang...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4992539/negara-g20-bentuk-dana-darurat-penanganan-pandemi-indonesia-donasi-rp-74182-miliar

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4992539/negara-g20-bentuk-dana-darurat-penanganan-pandemi-indonesia-donasi-rp-74182-miliar
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Sri Mulyani Indrawati,
companies ADA, Dana, Vidio, YouTube,
ngos World Bank,
products masker,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,
cases covid-19,