Ekonomi 60 Negara di Dunia Akan Ambruk, Jokowi: 42 Dipastikan Sudah Menuju ke Sana

  • 22 Juni 2022 09:06:19
  • Views: 10

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat berpidato di Rakernas PDIP, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti ekonomi dunia yang saat ini dalam kondisi tidak normal.

Menurut Jokowi, ekonomi 60 negara di dunia akan ambruk akibat terdampak pandemi dan krisis ekonomi.

Perkiraan ini, kata Jokowi berdasarkan perhitungan organisasi bank dunia, dana moneter dunia (IMF), dan PBB.

Baca juga: Pemerataan Pembangunan di Era Jokowi Dinilai Perkuat Nasionalisme

Angka-angkanya saya diberi tahu, ngeri kita. Bank dunia menyampaikan, IMF menyampaikan, UN PBB menyampaikan. Terakhir baru kemarin, saya mendapatkan informasi, 60 negara akan ambruk ekonominya, 42 dipastikan sudah menuju ke sana, ujar Jokowi saat memberi sambutan pada acara Rakernas PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Siapa yang mau membantu mereka kalau sudah 42. Mungkin kalau 1,2,3 negara krisis bisa dibantu mungkin dari lembaga-lembaga internasional. Tapi kalau sudah 42 nanti betul dan mencapai bisa 60 betul, kita ga ngerti apa yang harus kita lakukan, tegasnya.

Oleh karenanya, Jokowi meminta agar Indonesia senantiasa berjaga-jaga, hati-hati, dan waspada. Jokowi menekankan, Indonesia saat ini tidak berada pada posisi normal.

Dia mengingatkan, begitu krisis keuangan masuk ke krisis pangan, masuk ke krisis energi kondisinya akan semakin mengerikan.

Saya kira kita tahu semuanya. Udah 1,2,3 negara mengalami itu. Tidak punya cadangan devisa, tidak bisa beli BBM, tidak bisa beli pangan, tidak bisa impor pangan karena pangannya, energinya, impor semuanya, jelas Jokowi.

Baca juga: Kunjungan Kerja ke Kaltim, Presiden Jokowi Diagendakan Hadiri Kongres PMKRI

Kemudian terjebak juga kepada pinjaman utang yang sangat tinggi. Karena debt ratio-nya terlalu tinggi, lanjutnya.

Jokowi kembali mengingatkan masyarakat agar tetap berhati-hati. Terlebih saat ini pemerintah masih terus mensubsidi harga sejumlah komoditas.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/22/ekonomi-60-negara-di-dunia-akan-ambruk-jokowi-42-dipastikan-sudah-menuju-ke-sana

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/22/ekonomi-60-negara-di-dunia-akan-ambruk-jokowi-42-dipastikan-sudah-menuju-ke-sana
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies Dana, YouTube,
ngos World Bank,
parties PBB, PDIP,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,
cities Lenteng Agung,