Menkeu Sri Mulyani: G20 Amankan Dana Kesiapsiagaan Pandemi Sebesar 1,1 Miliar Dolar AS

  • 22 Juni 2022 09:06:27
  • Views: 7

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, negara-negara anggota G20 telah mengumpulkan dana sebesar 1,1 miliar dolar AS.

Dana tersebut sebagai komitmen dibentuknya Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF) untuk Kesiapsiagaan, Pencegahan, dan Penanggulangan Pandemi atau prevention, preparedness and response (PPR).

Hal itu disampaikan, Menkeu Sri Mulyani dalam 1st G20 Joint Finance and Health Ministers’ Meeting (JFHMM) di bawah Kepresidenan G20 Indonesia secara hybrid di Yogyakarta, Selasa (21/6/2022) malam.

Dengan senang hati saya sampaikan bahwa komitmen kontribusi sejumlah hampir USD 1,1 miliar telah diamankan untuk FIF guna pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Angka tersebut sudah termasuk kontribusi sebesar USD 50 juta dari Indonesia, kata dia.

Dia menjelaskan, mengenai mekanisme pembiayaan baru FIF para Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan G20 menyepakati perlunya mekanisme pembiayaan multilateral baru yang didedikasikan untuk mengatasi kesenjangan pembiayaan PPR pandemi.

Baca juga: Sri Mulyani Bekali Kepala Daerah PDIP soal BRIN

Dana Perantara Keuangan (FIF) yang ditempatkan di Bank Dunia selaku Wali Amanat, dan akan terus membahas tata kelola dan pengaturan operasional FIF menjelang rencana pengumuman formal pembentukannya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) para Pemimpin G20 pada bulan November 2022.

Upaya ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia sebagai Presidensi G20 memprioritaskan agenda bidang kesehatan global.

Presidensi G20 Indonesia berkomitmen untuk memberikan hasil nyata yang mencakup untuk tidak sekedar mendukung tetapi juga berkontribusi pada proposal pendirian FIF, kata dia.

Baca juga: Sri Mulyani Didesak Ungkap Penyalahgunaan Penjaminan Korporasi yang Libatkan Kerabat Pejabat Negara

Ia mengingatkan semangat inklusivitas dalam penanganan pandemi global penting untuk terus diupayakan.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/22/menkeu-sri-mulyani-g20-amankan-dana-kesiapsiagaan-pandemi-sebesar-11-miliar-dolar-as

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/22/menkeu-sri-mulyani-g20-amankan-dana-kesiapsiagaan-pandemi-sebesar-11-miliar-dolar-as
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Sri Mulyani Indrawati,
companies Dana, YouTube,
ministries BRIN, DPD, Kemenkeu,
ngos World Bank,
parties PDIP,
topics Presidensi G20 Indonesia,
products dolar AS,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Yogyakarta,