Gerakan Ekonomi Sirkular Le Minerale Berhasil Kumpulkan 6.300 Ton Sampah Plastik dalam Setahun

  • 21 Juni 2022 19:07:31
  • Views: 10

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia berupaya mengurangi pencemaran lingkungan lewat pengelolaan sampah plastik.

Untuk melanjutkan berbagai inisiatif, pemerintah terus mendorong upaya konservasi lingkungan melalui pelibatan industri, serta masyarakat, utamanya generasi muda dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Le Minerale bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan dialog lintas generasi bertajuk Sejuk Bersama Untuk Lingkungan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Baca juga: Aksi Ramah Lingkungan di RS, Plastik Obat Diganti Goodie Bag dan Dokter Bawa Tumbler Sendiri

Ada tiga langkah sederhana yang dapat dilakukan masyarakat telah dijabarkan melalui dialog hari ini, yaitu dengan memilah sampah, melakukan daur ulang, serta memilih kemasan plastik berukuran besar saat menggunakan plastik.

Le Minerale melalui Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN), berkomitmen untuk menciptakan produk yang sehat, aman serta berperan menjaga lingkungan.

GESN dimulai dengan kolaborasi antara Le Minerale dengan KLHK, ADUPI, IPI dan hingga kini telah merambah hingga lebih dari 12 mitra atau stakeholder lainnya.

Direktur Le Minerale Johan Muliawan, mengatakan sebagai produsen yang menggunakan plastik sebagai kemasan, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa sisa konsumsi produk terkelola dan tidak menumpuk di TPA, melainkan dapat menjadi bahan baku untuk produk yang bermanfaat.

Tak hanya sebagai wadah edukasi terkait ekonomi sirkular bagi berbagai lapisan masyarakat, GESN Le Minerale juga membangun ekosistem ekonomi sirkular yang memadai.

Baca juga: Kisah Daim, Perintis Lingkungan di Lumajang yang Dapat Kalpataru, Sempat Dianggap Gila

Sejak dimulainya GESN oleh Le Minerale, telah berhasil meningkatkan collection rate 98 persen dibanding sebelum adanya program. Bahkan saat ini, kami sudah berhasil mengumpulkan sampah plastik hingga 6.300 ton dalam 1 tahun, tutur Johan Muliawan, Selasa (21/6/2022).


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/21/gerakan-ekonomi-sirkular-le-minerale-berhasil-kumpulkan-6300-ton-sampah-plastik-dalam-setahun

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/21/gerakan-ekonomi-sirkular-le-minerale-berhasil-kumpulkan-6300-ton-sampah-plastik-dalam-setahun
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ngos SEJUK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Lumajang,