Indonesia Bisa Lolos dari Ancaman Ambruknya Ekonomi Global, Caranya?

  • 21 Juni 2022 14:58:44
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta Kelompok pengusaha menilai, sektor perdagangan Indonesia relatif masih aman dari bayang-bayang ramalan Bank Dunia (World Bank) soal pelemahan pertumbuhan ekonomi global.

Dengan syarat, Bank Indonesia (BI) masih tetap setia menahan suku bunga acuan di level 3,50 persen. Sehingga rate kredit untuk modal kerja masih belum naik.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menilai, pertumbuhan ekonomi nasional tentunya bakal ikut terjadi perlambatan bila bank sentral mulai kembali menaikan BI7DRR dan rate kreditnya.

Sepanjang bunga pinjaman enggak naik, tentu belum melambat. Karena ekonomi dalam negeri cukup besar. Tapi begitu inflasi naik, bunga pasti naik. Kalau bunga naik pasti ada perlambatan, ungkapnya kepada Liputan6.com, Selasa (22/6/2022).

Benny lantas menyoroti langkah bank sentral Amerika Serikat, The Fed yang sudah melakukan normalisasi kebijakan moneter. Menurutnya, peningkatan suku bunga The Fed memang membuat banyak uang berlari ke Negeri Paman Sam.

Memang kalau mau nahan kita harus naikin bunga. Tapi kalau naikin bunga ya akibatnya ekonomi melambat, imbuh dia.

Menurut dia, aktivitas ekspor/impor di pasar domestik sejauh ini relatif masih aman dari gejolak ekonomi di tingkat global. Situasi kondusif ini masih bisa ditahan selama Bank Indonesia tidak buru-buru menaikan BI-7 Day Reverse Repo Rate.

Pasalnya, pemerintah dalam waktu dekat bakal menaikan tarif listrik. Di sisi lain, harga minyak mentah dunia juga masih bergejolak akibat perang Rusia-Ukraina. Kondisi ini tentunya bakal turut berimbas pada aktivitas ekspor/impor.

Mungkin gangguan logistik. Kalau perangnya enggak kelar-kelar pasti ada gangguan logistik tuh, tutup Benny.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kabar gembira di tengah pandemi muncul pada kuartal II tahun 2021. Badan Pusat Statistik mengumumkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,7 persen. Menteri Keuangan, Sri Mulyani meyakini pencapaian menunjukkan arah dan strategi pemulihan ekonomi...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4991934/indonesia-bisa-lolos-dari-ancaman-ambruknya-ekonomi-global-caranya

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4991934/indonesia-bisa-lolos-dari-ancaman-ambruknya-ekonomi-global-caranya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sri Mulyani Indrawati,
companies ADA, WhatsApp,
ministries BI, BPS, Kadin,
ngos World Bank,
topics ekspor, Listrik,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,