AS Diminta Tiru Uni Eropa Soal Aturan Standar Charger

  • 21 Juni 2022 13:11:11
  • Views: 9

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Uni Eropa untuk menerapkan aturan terkait charger atau pengisi daya di wilayah itu, tampaknya membuat beberapa senator Amerika Serikat (AS) kepincut untuk meminta pemerintah AS melakukan hal serupa.

Permintaan agar AS menerapkan penggunaan port pengisian standar itu disampaikan melalui surat terbuka ke Menteri Perdagangan negara itu oleh Senator Edward J. Markey dan Elizabeth Warren.

Parlemen Eropa sendiri pada pekan lalu, mewajibkan semua perangkat elektronik konsumen kecil dan menengah seperti smartphone dan tablet, untuk dilengkapi dengan port pengisian USB Type-C mulai musim gugur tahun 2024.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (20/6/2022), penulis surat itu memuji Departemen Perdagangan atas langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Dan kami mendesak Anda mengikuti jejak UE dengan mengembangkan strategi komprehensif untuk mengatasi biaya konsumen yang tidak perlu, mengurangi limbah elektronik dan memulihkan kewarasan dan kepastian proses pembelian barang elektronik baru, katanya.

Senator tersebut juga mengatakan, harus membayar untuk pengisian khusus dapat menjadi beban keuntungan.

Selain itu, inovasi juga harus menguntungkan konsumen dan tidak boleh merugikan mereka, membebani dengan aksesori yang tidak kompatibel, dan memaksa untuk membeli peralatan pengisian daya yang berbeda untuk setiap perangkat yang mereka miliki.

Mengutip The Verge, Uni Eropa telah melakukan langkah bijak demi kepentingan publik, dengan mengambil alih perusahaan teknologi yang kuat atas masalah konsumen dan lingkungan ini.

Amerika Serikat harus melakukan hal yang sama, tulis para senator tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pembeli iPhone 12 tidak akan menemukan charger di dalam kotak.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4990894/as-diminta-tiru-uni-eropa-soal-aturan-standar-charger

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4990894/as-diminta-tiru-uni-eropa-soal-aturan-standar-charger
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries Kemendag,
products iPhone,
nations Amerika Serikat, Uni Eropa,
places DKI Jakarta,