Ketua Dewan Pengarah BPIP Ingatkan TNI AL Harus Jaga Pancasila dan NKRI

  • 21 Juni 2022 10:36:47
  • Views: 7


PIKIRAN RAKYAT - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. DR. (H.C) Hj. Megawati Soekarnoputri mengingatkan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) harus komitmen menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Menurut Presiden Ke-5 Republik Indonesia itu selain menjaga Ideologi dan Negara prajurit juga harus bernafaskan Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pertama kalian harus yakin bahwa Pancasila digali oleh Bung Karno untuk Bangsa kita ujarnya saat menjadi keynote speech pada Sarasehan Pembinaan Mental Ideologi 2022 di Jakarta, Senin, 20 Juni 2022.

Kegiatan dengan tema Penguatan Pembinaan Mental Ideologi dalam Kehidupan Prajurit TNI Angkatan Laut dan Shipnaming KRI Bung Karno-369 itu ia meminta kepada prajurit untuk tidak melupakan sejarah.

Ia bahkan meminta kepada seluruh anggota TNI untuk mempopulerkan salam Pancasila sebagai salam kebangsaan.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut Gibran Rakabuming Didorong Maju Jadi Calon Gubernur pada Pilkada 2024

Kita juga harus mempopulerkan sebuah salam kebangsaan yaitu salam Pancasila ujarnya.

Menggelorakan salam kebangsaan ini jangan selalu disuruh harus datangnya dari hati dan kesadaran diri, tegasnya.

Ia juga menceritakan bahwa salam Pancasila adalah mengadopsi salam kemerdekaan.

Megawati juga menjelaskan tentang Bung Karno yang memiliki perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia bahkan dia rela dibuang diasingkan ke mana-mana, tetapi dia tidak menyerah dan justru menggali nilai-nilai bangsa.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014794160/ketua-dewan-pengarah-bpip-ingatkan-tni-al-harus-jaga-pancasila-dan-nkri

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014794160/ketua-dewan-pengarah-bpip-ingatkan-tni-al-harus-jaga-pancasila-dan-nkri
Tokoh







Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani,
ministries BPIP, TNI, TNI AL,
topics NKRI,
events Pilkada Serentak,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,