Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, PSI Minta Pemprov Perbanyak Uji Emisi Gratis

  • 20 Juni 2022 17:18:38
  • Views: 17

MerahPutih.com - Kualitas udara Jakarta hari ini, Senin (20/6), dinobatkan menjadi kota dengan kategori terburuk nomor pertama di dunia oleh Indeks Kualitas Udara atau Air Quality Index (AQI).

Melihat kondisi tersebut, anggota DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana menyayangkan permasalahan yang terulang kembali. Kejadian polusi udara terburuk ini seperti sudah menjadi agenda tahunan. Namun, Pemprov DKI Jakarta terkesan tidak serius mengatasinya.

Padahal, kata Justin, Pemerintah DKI memiliki kemampuan finansial yang mumpuni dan kemampuan menegakkan peraturan.

Baca Juga:

Senin 20 Juni 2022, Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia

Gubernur kita sepertinya lupa terhadap masalah-masalah utama Jakarta seperti polusi, kemacetan, banjir, air bersih, dan lain sebagainya, sehingga selama ini seolah cuma asyik bikin jalur sepeda, warna cat genting, atau balap-balapan saja, ucap Justin di Jakarta, Senin (20/6).

Oleh karena itu, Justin meminta Pemprov DKI melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) untuk segera memperbanyak uji emisi gratis, baik untuk kendaraan di Jakarta atau kendaraan dari daerah Bodetabek yang masuk ke Jakarta.

Adapun berdasarkan data Bada Pusat Statistik (BPS) Tahun 2021, ada sekitar hampir 20 juta kendaraan yang ada di Jakarta. Angka ini sangat besar sebagai salah satu penyumbang emisi di Jakarta.

Kita harus tegas, semua kendaraan yang menghasilkan polutan di luar ambang batas tidak semestinya dibiarkan, ucapnya.

Baca Juga:

Jelang Derby Jateng di Piala Presiden, Ganjar Minta Suporter Jaga Etika Persaudaraan

Selain itu, Justin juga meminta untuk Dinas LH melakukan pengecekan AMDAL dari semua pabrik dan tempat usaha yang menghasilkan polusi udara di Jakarta, termasuk melakukan penindakan untuk pelaku usaha yang menghasilkan polutan di luar batas aman. Jika perlu juga bekerja sama dengan daerah penyangga karena polusi udara tidak memiliki Batasan wilayah.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta ini berharap jajaran Gubernur Anies Baswedan tidak melakukan pembiaran terhadap permasalahan polusi udara ini karena dalam jangka panjang akan membawa efek buruk buat warga Jakarta, khususnya anak-anak.

Jangan sampai masa depan generasi penerus Jakarta terkena penyakit saluran pernapasan, akibat ketidakmampuan Pemprov DKI Jakarta mengatasi permasalahan polusi udara ini, pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

Indonesia dan Oman Perkuat Konektivitas Angkutan Udara


https://merahputih.com/post/read/kualitas-udara-jakarta-terburuk-di-dunia-psi-minta-pemprov-perbanyak-uji-emisi-gratis

Sumber: https://merahputih.com/post/read/kualitas-udara-jakarta-terburuk-di-dunia-psi-minta-pemprov-perbanyak-uji-emisi-gratis
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Justin,
companies ADA,
ministries BPS, DPRD, Pemprov DKI Jakarta,
parties PSI,
topics Banjir,
nations Indonesia, Oman,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cases Kemacetan,
transportations sepeda,