Tangani Wabah PMK di Jawa Timur, Erick Thohir Dorong BUMN Sinergi dengan Kementan

  • 20 Juni 2022 13:06:58
  • Views: 9

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir segera bekerjasama dengan Kementerian Pertanian untuk segera mencari solusi cepat dalam mengatasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit ternak sapi di Pulau Madura dan Jawa Timur.

Menurut Erick, daerah tersebut merupakan daerah yang mengandalkan peternakan sapi sebagai sumber perekonomian rakyat.

Untuk itu, Erick menjanjikan masalah ini akan segera diselesaikan sehingga beban masyarakat menjadi lebih ringan.

Baca juga: Daging Ternak yang Kena PMK Masih Bisa Dimakan, Jeroan dan Lidah Tidak Bisa Dikonsumsi

Senin (hari ini) saya akan bicarakan langsung dengan Menteri Pertanian, dan bersama BUMN terkait di sektor peternakan ini, kami akan cari solusi yang cepat dan segera bisa diterapkan untuk atasi wabah PMK, ujar Erick Thohir dalam keterangannya, (20/6/2022).

PENJUAL
PENJUAL HEWAN KURBAN - Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijajakan pedagang jelang perayaan Hari Raya Idul Adha, salah satunya yang berada di Kecamatan Periuk, Selasa (14/6/2022). Di tengah mewabahnya PMK, Pemkot Tangerang melarang masuk hewan kurban dari daerah ke Kota Tangerang 14 hari menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah PMK. //WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

“BUMN adalah korporasi, jadi kita harus berkolaborasi dengan kementerian pertanian agar masyarakat Madura dan Jawa Timur yang andalkan ternak sapi untuk memutar roda ekonomi bisa kembali tenang, sambungnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/6) Erick Thohir melakukan kunjungan kerja di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Baca juga: Selain Vaksinasi Ternak, Begini Strategi Kementerian Pertanian Tangkal Penyebaran Wabah PMK

Dalam kunjungan tersebut, Erick meminta kepada seluruh masyarakat Madura agar tetap tertib menjalankan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Meskipun kasus Covid-19 telah mengalami penurunan.

Di Pulau Madura, Erick juga menyempatkan diri hadir dalam pertemuan dan silaturahmi dengan Kadin dan Kepala Daerah se-Madura Raya.

Dalam acara yang dihadiri pebisnis lokal dan juga para pimpinan daerah, antara lain Wakil Bupati Pamekasan, Wakil Bupati Sumenep dan Ketua Kadin Bangkalan.

Menteri BUMN menekankan bahwa sebanyak 22 BUMN sudah menjalankan program “Madura Moljeh Asreh, sebagai wujud berkolaborasi untuk mendorong kemandirian dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Madura.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/20/tangani-wabah-pmk-di-jawa-timur-erick-thohir-dorong-bumn-sinergi-dengan-kementan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/20/tangani-wabah-pmk-di-jawa-timur-erick-thohir-dorong-bumn-sinergi-dengan-kementan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Erick Thohir,
companies YouTube,
ministries Kadin, Kementan,
topics Protokol Kesehatan,
events Idul Adha 1441 Hijriah, vaksinasi,
products daging, Hewan kurban,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Bangkalan, Madura, Pamekasan, Sumenep, Tangerang,
cases covid-19,
animals Sapi,