Menko Airlangga Beri Pembekalan ke Ribuan Wisudawan Universitas Nasional Jelang Masuki Dunia Kerja

  • 20 Juni 2022 09:06:53
  • Views: 14

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pembekalan kepada 1.784 wisudawan Pascasarjana, Sarjana, dan Profesi Universitas Nasional (Unas) di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/6/2022).

Ia berpesan agar para wisudawan terus terhubung dengan universitas karena diperlukan life long learning sehingga akan membantu para alumninya dalam berkarier.

Sesudah para wisudawan lulus ini ada beberapa pilihan apakah akan menjadi profesional, wirausahawan, pendidik, penulis atau apapun pilihan yang terbaik. Bagi wisudawan ini menjadi tantangan untuk lebih kreatif dan lebih cerdas untuk membaca peluang, ujar Airlangga.

Baca juga: Airlangga Minta Wisudawan Unas Kreatif Kembangkan Talenta Digital

Demikian pula universitasnya akan sangat terbantu dengan para alumni yang sudah berhasil di masyarakat untuk memberikan feedback ilmu kepada kampus. 

Menurut Airlangga, siklus seperti ini membuat universitas menjadi sangat kaya akan informasi dan perubahan-perubahan yang terjadi.

Tentu ini adalah tantangan bagi kita semua dan tentu bagi kami di pemerintah ini adalah bagaimana para angkatan kerja bisa difasilitasi dan para lulusan bisa beradaptasi dengan kebutuhan pasar kerja dan tentu saya berharap akan tumbuh enterpreneur-enterpreneur baru, tegasnya.

Pemerintah tentu tinggal menyediakan fasilitasnya saja dan pemerintah terus menyiapkan untuk para entrepreneur fasilitas pembiayaan termasuk Kredit Usaha Rakyat dan kemudian berbagai fasilitasi yang lain, lanjut Airlangga.

Baca juga: Presiden Jokowi Puji Airlangga Sebagai ‘Motor’ Kartu Prakerja

Ia juga berharap bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha bisa memanfaatkan pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah termasuk bagi anak muda yang ingin bergerak di sektor digital. 

Karena, sambungnya, Indonesia merupakan pasar digital yang di tahun 2020 mencapai 44 miliar dolar AS, di tahun 2021 mencapai 70 miliar dolar AS dan di tahun 2025 nanti sebesar 130 miliar dolar AS.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/20/menko-airlangga-beri-pembekalan-ke-ribuan-wisudawan-universitas-nasional-jelang-masuki-dunia-kerja

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/20/menko-airlangga-beri-pembekalan-ke-ribuan-wisudawan-universitas-nasional-jelang-masuki-dunia-kerja
Tokoh





Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto, joko widodo,
companies ADA,
topics Kartu Prakerja, Prakerja,
products dolar AS, Kartu Pra Kerja,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,