Jalankan Bisnis Keberlanjutan, Bayer Indonesia Boyong SBA 2022

  • 19 Juni 2022 21:08:13
  • Views: 13

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Praktik bisnis yang memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan, masyarakat dan bumi kini menjadi isu utama di dunia usaha.

Secara berkala, lembaga Global Initiatives sejak 2012 melakukan monitoring terhadap perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan praktik-praktik bisnis yang memperhatikan aspek keberlanjutan.

Setiap tahun lembaga ini menyelenggarakan Sustainability Business Awards (SBA) yang diselenggarakan di 5 negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

SBA merupakan platform penghargaan paling komprehensif karena peserta dinilai dalam dua belas kategori yang mewakili berbagai dimensi keberlanjutan. Proses penilaian dilakukan oleh PriceWaterhouseCoopers (PwC) selaku Knowledge Partner dari SBA.

Untuk SBA 2022 ini, Bayer Indonesia dinobatkan sebagai salah satu perusahaan peraih penghargaan Significant Achievement untuk kategori Sustainability Strategy, Business Ethics & Responsibility, dan UN SDGs dalam Sustainable Business Award 2022.

Perusahaan ini dinilai mencapai hasil yang signifikan dalam menjalankan inisiatif keberlanjutannya. Inisiatif untuk memberdayakan petani lahan kecil dan petani perempuan yang dilengkapi dengan program kesehatan seperti mitigasi Covid-19, nutrisi, dan keluarga berencana.

Baca juga: Komitmen Jalankan Bisnis Keberlanjutan, Danone Menang di Ajang SBA Awards 2022

Pelaksanaan SBA tahun ini di Indonesia melibatkan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dengan penasihat independen Dr. Vivi Yulaswati (Penasihat Senior Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional), Erna Witoelar (Pendiri, Ketua dan Pengurus Yayasan KEHATI), Taufiq Rahman (Pemimpin Redaksi The Jakarta Post), Dr Bayu Krisnnamurthi (Mantan Wakil Menteri Perdagangan dan Pertanian, Ketua Masyarakat Ekonomi Pertanian Indonesia), dan Sihol Aritonang (Ketua Indonesia Business Council for Sustainable Development).

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Sabet Juara di Ajang Bergengsi Maritime Innovation of The Week di Inggris

Bayer Indonesia berfokus menjalankan strategi bisnis berkeberlanjutan yang berkontribusi membantu terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang telah ditetapkan PBB, utamanya untuk memberantas kelaparan (TPB2) dan memberikan akses kesehatan (TPB3). Kami juga berupaya untuk mengakhiri kemiskinan (TPB1), serta membantu perempuan untuk berdaya (TPB 5), ujar Presiden Direktur Bayer Indonesia, Kinshuk Kunwar.

Baca juga: Konsisten Kembangkan Panas Bumi, PGE Raih Best of The Best di APQ Award 2022

Dia menyebutkan, sampai tahun 2030, Bayer siap membantu 4 juta petani lahan kecil melalui inisiatif Better Life Farming yang memberikan akses teknologi pertanian terkini, disertai dengan pendampingan dan menghidupkan ekosistem bisnis pertanian desa dengan kemitraan sepanjang rantai pasok.

Selain itu juga mendukung 1 juta warga dengan status ekonomi rentan di perkotaan dan pedesaan melalui pemberian edukasi dan pelatihan perawatan kesehatan mandiri melalui program Nutrient Gap Initiative.

Pihaknya juga akan memberikan edukasi, pelatihan terkait kesehatan perempuan dan keluarga berencana untuk1 juta perempuan di kota dan desa.
 


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/19/jalankan-bisnis-keberlanjutan-bayer-indonesia-boyong-sba-2022

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/19/jalankan-bisnis-keberlanjutan-bayer-indonesia-boyong-sba-2022
Tokoh

Graph

Extracted

companies Danone Indonesia, YouTube,
ministries Kadin, Kemendag,
parties PBB,
nations Filipina, Indonesia, Inggris, Malaysia, Singapura, Thailand,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,