Pertemuan Prabowo-Cak Imin dalam Pandangan Pengamat Politik LIPI

  • 19 Juni 2022 17:18:33
  • Views: 9

MerahPutih.com - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6) malam.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menuturkan, pertemuan antara Prabowo dengan Muhaimin merupakan respons terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Baca Juga

Prabowo-Muhaimin Sepakat Bekerja Sama dalam Pemilu 2024

KIB merupakan koalisi Partai Golkar, PPP, dan PAN yang dibentuk dalam rangka merespons Pemilihan Presiden 2024.

Karena siapa pun tidak mau sendirian ditinggalkan, kata Siti Zuhro di Jakarta, Minggu (19/6).

Lebih lanjut Siti Zuhro menegaskan, tidak hanya Gerindra dan PKB, semua partai politik juga akan merespons sikap politik KIB dalam waktu dekat atau setidaknya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Semua partai akan merespons apa yang sudah dilakukan KIB termasuk merespons yang sudah dilakukan NasDem dengan mendeklarasikan tiga calon yang akan diusung pada Pilpres 2024, tegasnya dikutip Antara

Baca Juga

Wakapolri Minta PJ Kepala Daerah Antisipasi Potensi Konflik saat Pemilu

Pertemuan yang dilakukan parpol merupakan manuver guna membentuk kemungkinan-kemungkinan koalisi baru menjelang Pilpres 2024.

Menurut Siti, apa yang ditampilkan oleh para elite partai merupakan sesuatu yang wajar dalam dunia politik. Namun, tidak menjadi suatu kewajaran apabila pimpinan partai hanya sibuk melakukan hal itu saja.

Sebab, jika elite partai hanya sibuk bersilaturahmi maka yang akan dirugikan ialah masyarakat luas. Apalagi, yang harus dipikirkan semua pihak termasuk partai ialah bagaimana membangun bangsa dan negara serta tidak hanya terfokus pada koalisi semata.

Terkait pertemuan Prabowo Subianto dan Cak Imin sapaan akrab Muhaimin Iskandar, Siti menyakini kedua partai sedang membangun kerja sama menuju koalisi untuk Pemilu 2024. (*)

Baca Juga

Berpotensi Koalisi dengan PKS-PKB, Demokrat Sebut Tengah Intens dengan 1 Partai Lagi


https://merahputih.com/post/read/pertemuan-prabowo-cak-imin-dalam-pandangan-pengamat-lipi

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pertemuan-prabowo-cak-imin-dalam-pandangan-pengamat-lipi
Tokoh







Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Prabowo, Siti Zuhro,
ministries LIPI,
parties Demokrat, Gerindra, Golkar, Nasdem, PAN, PKB, PKS, PPP,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,