Lazada Dorong Pemberdayaan UMKM di Jateng Lewat Gerakan AKAR Digital Indonesia

  • 19 Juni 2022 17:10:24
  • Views: 12

Liputan6.com, Jakarta - Lazada Indonesia terus mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital guna mengembangkan usahanya.

Jawa Tengah (Jateng) menjadi salah satu daerah fokus pemberdayaan UMKM di Lazada, mengingat potensi kontribusi yang sangat besar dari keberadaan UMKM di daerah ini terhadap perekonomian.

Lazada pun menggenjot pelaksanaan berbagai program, pelatihan, dan pemberdayaan UMKM di Jateng yang menjadi bagian dari inisiatif Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia.

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati, mengatakan sektor usaha di Jateng memang didominasi pelaku UMKM. Dengan jumlah lebih dari 4 juta UMKM di Jateng, merekalah yang menjadi fondasi utama pertumbuhan perekonomian daerah.

Sayangnya, berdasarkan data BPS Tahun 2020, dari 26,7 juta pengguna internet di Jateng, baru 5,87 persen yang menggunakan internet untuk berbisnis, dan dari 5,87 persen tersebut, hanya 21,18 persen yang menggunakan eCommerce sebagai media penjualan, ujar Ema melalui keterangan resmi Lazada, Minggu (19/6/2022).

Ia menilai kondisi ini menggambarkan transformasi digital di kalangan UMKM masih sangat rendah. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik inisiatif dari Lazada untuk bisa membantu memberdayakan UMKM agar mereka tidak hanya tetap relevan dengan era transformasi digital, namun juga bisa kompetitif dalam membangun usahanya.

Data internal Lazada juga menunjukkan jumlah penjual dari Jateng di Lazada yang aktif berjualan tumbuh sekitar 130 persen pada April 2022, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski demikian, masih banyak kebutuhan pelanggan yang berdomisili di Jateng yang belum bisa dipenuhi oleh pelaku UMKM Jawa Tengah, sehingga pelanggan memilih untuk membeli barang dari penjual UMKM luar Jateng.

Hal ini menunjukkan masih besarnya kesempatan untuk pelaku UMKM Jateng untuk berekspansi, menyediakan jumlah dan variasi produk yang lebih banyak untuk para pelanggan di daerahnya.

 

Sejumlah pemilik usaha warteg dan kaki lima di Jakarta bertemu Menkop dan UKM, Teten Masduki pada Rabu (22/9) siang. Teten berjanji akan membantu mereka untuk modal dan kemudahan kredit.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4990317/lazada-dorong-pemberdayaan-umkm-di-jateng-lewat-gerakan-akar-digital-indonesia

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4990317/lazada-dorong-pemberdayaan-umkm-di-jateng-lewat-gerakan-akar-digital-indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Teten Masduki,
companies Lazada,
ministries BPS,
ngos EMA,
topics transformasi digital,
products UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
musicclubs APRIL,