Mancanegara Kembali Terima Pekerja Indonesia, Pemohon PMI Naik

  • 19 Juni 2022 13:06:03
  • Views: 16

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 56 calon pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Karanganyar, Jateng menuntaskan administrasinya jelang merantau ke sejumlah negara di Asia. Sejak mancanegara membuka diri untuk pekerja migran, jumlah permohonan bekerja ke luar negeri naik secara signifikan.

Sebelumnya, PMI dipulangkan ke kampung halaman di masa puncak kasus Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021. Otoritas di luar negeri tak membolehkan masuknya pekerja migran guna memutus penyebaran virus corona. Namun mulai awal tahun ini, sejumlah negara mulai membuka diri. Paling anyar, Malaysia yang merekrut PMI terbanyak juga membuka keran masuknya tenaga kerja asing ke negaranya.

Kepala Bidang Pelayanan dan Penempatan Tenaga Kerja Disdagnakerkop UKM Karanganyar, M Ibrahim mengatakan 56 warga Bumi Intanpari itu sudah disetujui permohonan rekomendasi pembuatan paspor. Melalui perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI), mereka dipekerjakan ke Hongkong, Singapura dan Taiwan.

“Baru-baru ini Malaysia sudah buka kerannya. Data terakhir hingga Juni, 56 calon pekerja migran sudah dapat rekomendasi bikin paspor. Mereka mendaftar melalui online, katanya, Sabtu (19/6/2022).


https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/solo/mancanegara-kembali-terima-pekerja-indonesia-pemohon-pmi-naik/

Sumber: https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/solo/mancanegara-kembali-terima-pekerja-indonesia-pemohon-pmi-naik/
Tokoh

Graph

Extracted

ngos PMI,
topics migran indonesia,
products Paspor,
nations Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan,
places JAWA TENGAH,
cities Hongkong, Karanganyar, Solo,
cases covid-19,