Siapa Akun-Akun Twitter di Balik Meme Stupa Jokowi yang Bikin Roy Suryo Tergocek?

  • 19 Juni 2022 11:47:08
  • Views: 7

Suara.com - Roy Suryo sempat mengunggah foto stupa Candi Borobudur mirip Jokowi yang ia akui diambil dari 3 akun Twitter. Selang beberapa jam, ia menghapusnya dan minta maaf kepada publik yang sudah mengecamnya.

Kecaman itu didapatnya lantaran ada unsur penghinaan dalam cuitan Roy Suryo. Setelahnya, ia melaporkan 3 akun Twitter tersebut. Siapa sajakah mereka?

Polemik Roy Suryo ini dimulai ketika dirinya mengunggah sebuah foto stupa Candi Borobudur yang diedit wajahnya menyerupai Jokowi di akun Twitter @KRMTRoySuryo2 pada Jumat (10/7/2022). Berikut isi cuitan Roy Suryo tersebut.

Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salah satu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR, tulis Roy Suryo.

Baca Juga: 7 Fakta Roy Suryo Unggah Meme Stupa Borobudur, Berujung Laporkan Pengunggah Pertama

Cuitan itu tentu menuai banyak kritik tajam dari masyarakat, khususnya umat Buddha karena dianggap menghina keyakinan mereka serta sang presiden.

Roy Suryo bahkan hendak dipolisikan oleh Dharmapala Nusantara meskipun ditolak polisi. Roy Suryo kemudian langsung menghapus cuitannya dan meminta maaf.

Dalam cuitan yang dihapus, Roy Suryo sempat menyebut 3 akun Twitter itu sebagai kreativitas warganet mengubah salah satu stupa yang dianggapnya lucu. Namun, akhirnya dirinya pula yang melaporkan mereka ke polisi.

Ketiga akun yang dilaporkan itu adalah @IrutPagut, @fly_free_dy, dan @NewOpang. Siapakah mereka? Berikut informasi selengkapnya.

Akun @IrutPagut bergabung di Twitter sejak April 2020 dengan 12.600 pengikut. Semua cuitannya menggunakan huruf kapital. Isinya antara lain membahas Anies Baswedan, Soeharto, hingga Fahri Hamzah. Cuitan yang dilaporkan Roy Suryo itu sendiri tidak ditemukan.

Baca Juga: Legislator PAN Sayangkan Roy Suryo Retweet Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi, Singgung Pakar Telematika Kepeleset

Lalu, akun @fly_free_dy bergabung sejak April 2021 dengan 281 pengikut. Cuitan stupa mirip wajah Jokowi yang dilaporkan Roy Suryo masih ada pada akun ini alias belum dihapus. Cuitan lainnya antara lain membahas soal anti Syiah, anti PKI, FPI dan lain-lain.


https://www.suara.com/news/2022/06/19/114530/siapa-akun-akun-twitter-di-balik-meme-stupa-jokowi-yang-bikin-roy-suryo-tergocek

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/19/114530/siapa-akun-akun-twitter-di-balik-meme-stupa-jokowi-yang-bikin-roy-suryo-tergocek
Tokoh











Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Fahri Hamzah, joko widodo, Roy Suryo, Soeharto,
companies ADA, Twitter,
ministries Polisi,
organizations FPI,
parties PAN, PKI,
fasums Borobudur,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,