Peristiwa 19 Juni : Pertempuran Pribumi Lawan Belanda Pecah di Kalsel

  • 19 Juni 2022 07:47:18
  • Views: 8

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting pernah terjadi pada 19 Juni dari tahun ke tahun. Di antaranya, perang antara Indonesia melawan Belanda di Kalimantan Selatan.

Berikut ulasan singkat Okezone terkait peristiwa penting serta lahirnya tokoh di Indonesia pada 19 Juni :

1. Pertempuran Pribumi Melawan Belanda di Kalimantan 

Pada 19 Juni 1861, Pangeran Hidayatullah datang ke Gunung Pamaton di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Rakyat Gunung Pamaton menyambut kedatangan Pangeran Hidayatullah dan membuat benteng pertahanan sebagai usaha mencegah serangan Belanda menangkap Pangeran Hidayatullah.

Saat itu, serangan terhadap benteng Gunung Pamaton berhasil digagalkan oleh rakyat yang hanya memiliki persenjataan sederhana. Benteng Gunung Pamaton berhasil dipertahankan oleh pasukan perang yang dipimpin oleh Pangeran, Demang Lehman, Tumenggung Gamar, Raksapati, serta Kiai Puspa Yuda Negara.

Selain itu, terdapat pula pahlawan wanita Kiai Cakrawati yang selalu menunggang kuda yang sebelumnya ikut mempertahankan Benteng Gunung Madang, dan saat itu ikut mempertahankan Benteng Gunung Pamaton.

2. Dimulainya Pertempuran Laut Filipina

Pada 19 Juni 1944 terjadi pertempuran di Laut Filipina. Pertempuran tersebut terjadi antara Angkatan Laut Amerika Serikat dengan Angkatan Laut Jepang. Pertempuran di Laut Filipina menjadi sejarah penting dalam Perang Dunia II. 

Di mana, saat itu pasukan Amerika berhasil melumpuhkan kemampuan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang untuk melancarkan serangan kapal induknya secara besar-besaran. Pertempuran ini terjadi dalam penyerbuan Amerika Serikat ke Kepulauan Mariana selama Perang Pasifik.

Pertempuran ini adalah yang terakhir dari lima pertempuran kapal induk besar antara Amerika Serikat dan Jepang, melibatkan Armada ke-5 Angkatan Laut Amerika dan juga kapal dan pesawat berbasis darat dari Armada Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan garnisun pulau-pulau terdekat.

3. Italia Kembali Juara Dunia pada 1938 

Italia kembali menyabet gelar juara dunia di Final Piala Dunia FIFA tahun 1938. Italia berhasil kembali merebut gelar juara piala dunia setelah menaklukan Hungaria dengan skor 4-2, pada 19 Juni 1938.

Final piala dunia 1938 sendiri digelar di Stade Olympique de Colombes, Paris, dengan dihadiri sekira 45.000 penonton. Empat gol yang membawa Italia juara dunia diciptakan oleh Colaussi dan Piola. Keduanya masing-masing mencetak dua gol.

4. Lahirnya Soekiman Wirjosandjojo Hingga Aher 

Soekirman Wirjosandjojo merupakan Perdana Menteri Indonesia yang keenam. Ia lahir di Surakarta, pada 19 Juni 1898 dan meninggal di Yogyakarta, 23 Juli 1974. Soekiman dikenal juga sebagai tokoh politik sekaligus pejuang kemerdekaan Indonesia dari Masyumi.

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heyawan, yang karib disapa Aher, juga berulang tahun hari ini. Aher lahir pada 19 Juni 1966 di Sukabumi, Jawa Barat.

5. Pertempuran Tarakan Kedua

Pertempuran Tarakan antara Blok Sekutu yang di antaranya berisikan Australia, Amerika Serikat, dan Belanda, dengan pasukan Jepang terjadi pada 19 Juni 1945. Pertempuran tersebut dimenangkan oleh Blok Sekutu. Berdasarkan data dari Wikipedia, pertempuran tersebut banyak memakan korban jiwa dari pihak Jepang.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/19/337/2614067/peristiwa-19-juni-pertempuran-pribumi-lawan-belanda-pecah-di-kalsel?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/19/337/2614067/peristiwa-19-juni-pertempuran-pribumi-lawan-belanda-pecah-di-kalsel?page=1
Tokoh



Graph