Ada Fenomena Atmosfer, Berikut Prakiraan Cuaca di 34 Kota Besar Indonesia

  • 19 Juni 2022 05:46:21
  • Views: 10

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa terjadi konvergensi dan konfluensi di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan di sejumlah daerah di Indonesia, sehingga diprakirakan cuaca di 34 kota besar di Indonesia pada hari Minggu (19/6/2022), cenderung berawan hingga hujan disertai kilat/petir. 

Sobat BMKG, fenomena atmosfer yang terjadi saat ini yang berpengaruh pada kondisi cuaca untuk esok hari (hari ini, red), yang pertama adalah daerah konvergensi atau daerah perlambatan Kecepatan angin yang terbentuk di wilayah samudra Hindia sebelah selatan pulau Jawa, di Laut Jawa, di Kalimantan Utara, di Sulawesi Utara, di Laut Banda, Laut Arafuru di Papua Barat dan juga Papua, kata Prakirawan BMKG, Andi Mario dalam akun Instagram @infobmkg, Sabtu (18/6/2022).

Fenomena atmosfer lainnya adalah adanya daerah pertemuan angin atau konfluensi yang terbentuk di wilayah sebelah Barat Daya Banten, kemudian di Selat Malaka dan juga di perairan sebelah utara Sulawesi Utara. Kondisi-kondisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah-wilayah yang telah saya sebutkan tadi, sambungnya.

BACA JUGA:BPBD Catat Kabupaten Lebak Diterjang 49 Bencana Alam Selama 3 Bulan 

Untuk Sumatera, Mario memaparkan, Kota Banda Aceh diprakirakan berawan tebal, Kota Medan diperkirakan berkabut, Kota Pekanbaru dan Tanjung Pinang diperkirakan hujan dengan intensitas ringan dan untuk Kota Pangkal Pinang diperkirakan hujan disertai petir.

Masih di wilayah Sumatera, untuk esok hari kota Padang diperkirakan berawan, sementara untuk Kota Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung di prakirakan hujan dengan intensitas ringan, dan untuk kota Bengkulu diperkirakan hujan dengan intensitas sedang, paparnya.

Di wilayah Jawa, kata Mario, Jakarta dan juga kota Serang diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas ringan, Kota Bandung diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang, dan kota Semarang esok hari diperkirakan berawan tebal. Sementara untuk Yogjakarta dan Surabaya diprakirakan mengalami hujan disertai petir.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Mario menjelaskan, kota Denpasar dan Kota Mataram diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas ringan, sementara untuk kota Kupang diprakirakan cerah berawan.

Selanjutnya di wilayah Kalimantan, kata dia, Kota Palangkaraya, Pontianak, Tanjung Selor dan juga Samarinda di prakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Sementara itu perlu waspada untuk wilayah Banjarmasin yang diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir, ujarnya.

Selanjutnya di wilayah Sulawesi, Mario melanjutkan, kota Palu, Makassar, Gorontalo dan juga Kendari diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu, perlu waspada pada untuk kota Mamuju dan Manado yang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Yang terakhir, dia menambahkan, wilayah Indonesia Timur, Kota Ternate dan Manokwari diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan, sementara untuk kota Jayapura esok hari diprakirakan berawan.

Demikian informasi perkiraan cuaca untuk esok hari tetap waspada dan selalu diperbarui informasi dengan mengunjungi website bmkg.go.id mengikuti seluruh akun media sosial resmi BMKG, imbaunya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/19/337/2614065/ada-fenomena-atmosfer-berikut-prakiraan-cuaca-di-34-kota-besar-indonesia?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/19/337/2614065/ada-fenomena-atmosfer-berikut-prakiraan-cuaca-di-34-kota-besar-indonesia?page=1
Tokoh



Graph