DPR : Ambang Batas Parlemen 4% Dorong Akar Rumput Parpol Bekerja Maksimal

  • 18 Juni 2022 22:46:59
  • Views: 12

JAKARTA - Anggota Komisi II DPR, Muhammad Rifqinizamy Karyasuda, menyebut keberadaan parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen sebesar 4 persen pada Pemilu 2024 itu untuk memastikan akar rumput dari partai politik (parpol) bekerja secara maksimal.

Menurut Riqfi, kehadiran parliamentary threshold adalah cara bangsa ini secara regulatif untuk memastikan pelembagaan bagi partai-partai Politik di Indonesia. Semakin partai-partai politik itu terlembaga, maka akan semakin sehat.

Karena itu, PT ini bukan bicara baru atau tidaknya suatu partai. Tapi bagaimana partai secara konsisten menggerakkan seluruh daya dan upaya serta strukturnya untuk memastikan keberadaan mereka di tengah-tengah masyarakat, yang tentu alat ukurnya adalah perolehan suara pada saat Pemilu, kata Rifqi dalam diskusi daring bertajuk 'Parliamentary Treshold: Sebuah Tantangan Bagi Partai Politik Baru', Sabtu (18/6/2022).

Politikus PDI-Perjuangan itu berpandangan, ambang batas parlemen ini tentunya tidak hanya berlaku bagi partai-partai baru, tetapi juga bagi partai lama. Karena itu, apa yang telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 itu bersifat sama bagi semua pihak.

Tidak ada garansi bagi Partai yang sudah eksis di DPR RI kalau dia tidak merawat basis konstituen, tidak bekerja untuk rakyat, tidak memperjuangkan aspirasi rakyat, dan tidak diapresiasi kerja-kerja parlementer nya termasuk kerja-kerja wakilnya di eksekutif misalnya, dan strukturnya di tingkat bawah, maka dia akan ditinggalkan oleh rakyat, ujarnya.

Nah parliamentary threshold ini adalah early warning bagi kami partai-partai politik untuk kemudian terus memastikan kekuatan akar rumput kami bekerja dengan baik, tuturnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/18/337/2614015/dpr-ambang-batas-parlemen-4-dorong-akar-rumput-parpol-bekerja-maksimal?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/18/337/2614015/dpr-ambang-batas-parlemen-4-dorong-akar-rumput-parpol-bekerja-maksimal?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad,
companies ADA,
ministries DPR RI, Komisi II DPR,
topics Pemilu 2024,
products parliamentary threshold,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,